PEMANFAATAN MEDIA INTERNET OLEH ANAK PENYANDANG DISABILITAS NETRA (Studi dekskriptif tentang pemanfaatan internet oleh anak penyandang disabilitas netra di SLB YPAB Kota Surabaya)

MOHAMMAD TRI HARYANTO, 071211631106 (2016) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET OLEH ANAK PENYANDANG DISABILITAS NETRA (Studi dekskriptif tentang pemanfaatan internet oleh anak penyandang disabilitas netra di SLB YPAB Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. IIP. 97-16 Har p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan memahami mengenai pemanfaatan media internet baik yang disediakan oleh sekolahan maupun dari kepemilikan sendiri. Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan karena mengingat semakin banyaknya masyarakat yang lebih memilih internet sebagai media pemenuhan kebutuhan yang mereka miliki dibandingkan dengan menggunakan sumber atau media lain seperti perpustakan, buku cetak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teori uses and gratification dari Herbert Blumer dan Elihu Katz untuk menjawab gambaran pemanfaatan media internet di kalangan pelajar. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa kebutuhan kogintif dan kebutuhan afektif para mahasiwa menjadi motivasi awal mereka dalam menggunakan media internet 72%. Kebutuhan kognitif terkait informasi tentang referensi baham pelajaran 48% menjadi hal utama mereka penuhi dengan pemanfaatan media internet. Pemilihan pemanfaatan media internet didasarkan alasan bahwa pemanfaatan media internet lebh mampu menyediakan informasi berbentuk elektronik yang lebih mereka sukai daripada informasi dari sumber tercetak atau braille 40%. Pemanfaatan media internet dipilih sebagai sumber pemuas kebutuhan kognitif juga didasarkan atas kualitas alat atau media internet yang dianggap sebagian responden 26% belum memadai atau masih kurang untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan kognitif. Tidak hanya kebutuhan kognitif, tetapi juga kebutuhan lain seperti afektif, integrasi personal, integrasi social dan pelepasan ketegangan. Pemanfaatan media internet karena besarnya peran dalam pemenuhan kebutuhan kognitif, dapat dikatakan jika fungsi media sebagai pengamatan lingkungan atau pengawasan dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 97-16 Har p
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet, Uses and Gratification, Disabilitas Netra
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOHAMMAD TRI HARYANTO, 071211631106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFitri Mutia, A.K.S., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2017 17:07
Last Modified: 21 Mar 2017 17:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item