PEMAKNAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA

Halina Reksovianti, 071211633044 (2016) PEMAKNAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. IIP. 98-16 Rek p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena hadirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan langkah nyata pemerintah kota Surabaya untuk menjadikan alternatif akses bahan bacaan bagi masyarakat ekonomi lemah. Banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi dan memanfaatkan TBM. Ada sebagian masyarakat yang mau mengunjungi TBM dan ada yang tidak mau. Pengunjung TBM tersebut ada yang memanfaatkan TBM sebagai tempat memperoleh bahan bacaan dan ada yang memanfaatkan sebagai tempat mencari pleasure. Berbagai aktivitas dan pola perilaku masyarakat wujudkan selama berada di TBM tersebut merupakan representasi dari makna subyektif individu. Pada posisi ini tidak ada individu yang benar dan tidak ada yang salah karena individu disini sebagai aktor kreatif yang dapat membentuk makna subyektif terhadap kenyataan obyektif yang ada dilingkungannya. Studi kualitatif ini untuk mengungkapan bagaimanakah proses pemakanan subyektif dan konstruksi yang dibentuk oleh setiap individu terhadap TBM sebagai kenyataan obyektif. Proses pemaknaan subyektif dan kontruksi sosial individu melalui tiga proses dialektika simultan yaitu porses internalisasi, proses eksternalisasi dan proses obyektivikasi milik Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Dengan mengunakan perspektif fenomenologi yang berarti studi ini ingin mengungkapan makna dibalik fenomena yang ada saat dalam penelitian ini adalah TBM. Hasil dari identifikasi dan analisis studi ini mendapatkan tiga tipologi yaitu pengunjung user’s book addicted cenderung aktif meminjam bahan bacaan di TBM untuk memenuhi gaya hidupnya, user’s book necessity cenderung meminjam bahan bacaan di TBM untuk kebutuhan pada waktu khusus, dan user’s psychological need cenderung mengunjungi TBM untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 98-16 Rek p
Uncontrolled Keywords: Makna, Konstruksi Sosial, Perilaku, Sosialisasi, Taman Bacaan Masyarakat, Fenomenologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Halina Reksovianti, 071211633044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2017 17:14
Last Modified: 24 Jun 2019 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item