IMPLEMENTASI GEBYAR PELANGGAN SEBAGAI UPAYA MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN KORAN MEDIA CETAK JAWA POS

Arvina Kartikasari, 041310313045 (2016) IMPLEMENTASI GEBYAR PELANGGAN SEBAGAI UPAYA MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN KORAN MEDIA CETAK JAWA POS. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.PM 58-16 Kar i abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.PM 58-16 Kar i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

4.1 Simpulan Pada bagian akhir bab ini, penyusun akan membahas tentang kesimpulan dan saran yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan terhadap perkembangan perusahaan Koran Jawa Pos di masa mendatang mengenai Strategi Menjaga Loyalitas Pelanggan Koran Media Cetak pada perusahaan Jawa Pos di wilayah Surabaya. Berdasarkan landasan teori dan hasil pengamatan dari penyusun selama mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapang, penyusun menarik kesimpulan mengenai Strategi menjaga loyalitas pelanggan koran media cetak pada perusahaan koran Jawa Pos di wilayah Surabaya dalam mempertahankan pembaca setianya yakni perusahaan Jawa Pos sudah menerapkan strategi yang benar, dengan mengadakan program gebyar pelanggan. Perusahaan Jawa Pos mengadakan program ini untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi langsung antara Jawa Pos dengan pelanggan setia Jawa Pos dan Meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan setia Jawa Pos. Dalam upaya untuk mempertahankan pelanggan harus mendapatkan prioritas yang lebih besar dibandingkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Bagaimanapun juga, loyalitas pelanggan berdasarkan kepuasan murni dan secara terus-menerus merupakan salah satu aset terbesar yang mungkin didapat oleh perusahaan. Perusahaan Jawa Pos lebih memilih mempertahankan pelanggan yang sudah lama berlangganan koran Jawa Pos daripada mendapatkan pelanggan baru. Karena menurut pihak Jawa Pos mencari pelanggan baru itu bukan prioritas utama. Hal ini merupakan salah satu cara atau strategi dari perusahaan Jawa Pos untuk menjaga hubungan antara pihak Jawa Pos dengan pelanggannya agar pelanggan-pelanggan yang sudah berlangganan selama puluhan tahun maupun yang masih baru berlangganan beberapa bulan tersebut tetap setia dan tetap membaca koran Jawa Pos selain itu juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelanggan yang sudah loyal dengan program Gebyar Pelanggan. 4.2 Saran Dalam hal ini, penyusun memberikan saran kepada perusahaan Koran Jawa Pos di wilayah Surabaya dalam penerapan strategi menjaga loyalitas pelanggan koran media cetak yakni pihan perusahaan koran Jawa Pos di wilayah Surabaya harus tetap konsisten dalam mengadakan Gebyar Pelanggan di tahun-tahun berikutnya untuk mempererat hubungan antara pelanggan dengan perusahaan, untuk pelanggan yang sudah berlangganan sejak lama maupun pelanggan yang masih baru beberapa bulan berlangganan, dan sebagai wujud penghargaan perusahaan kepada pelanggan serta untuk membentuk suatu image yang baik pula terhadap para pelanggan maupun calon pelanggan secara tidak langsung. Demikian saran yang di simpulkan oleh penyusun untuk menjawab permasalahan dalam rumusan masalah “bagaimana implementasi Gebyar Pelanggan sebagai upaya menjaga loyalitas pelanggan media cetak koran Jawa Pos?”.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PM 58-16 Kar i
Uncontrolled Keywords: PELANGGAN, LOYALITAS PELANGGAN, KORAN, MEDIA CETAK, JAWA POS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsEmail
Arvina Kartikasari, 041310313045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMaurisia Putri Permatasari, S.E., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Mar 2017 17:59
Last Modified: 21 Mar 2017 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item