HUBUNGAN SIKAP KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA TENAGA KERJA BAGIAN PACKING DAN STAPLE FILLING DI FILLING PLANT PT SMART Tbk, SURABAYA

LOHISTA DIPTA KOMALA, 101310113038 (2016) HUBUNGAN SIKAP KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA TENAGA KERJA BAGIAN PACKING DAN STAPLE FILLING DI FILLING PLANT PT SMART Tbk, SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.HKK 27-16 Kom h abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (lampiran)
FV.HKK 27-16 Kom h. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (fulltext)
FV.HKK 27-16 Kom h..pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gangguan otot rangka terjadi pada bagian tubuh otot dan tulang yang mengalami penurunan sistem gerak. Seseorang yang melakukan bentuk kerja kurang ergonomi dapat mengalami gangguan otot rangka pada tubuhnya. Suatu perlawanan (reaksi) terhadap suatu beban (aksi) mengakibatkan otot mengalami kontraksi yang berlebihan (Santoso, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sikap kerja dengan keluhan nyeri otot pada pekerja Packing dan Staple Filling di Filling Plant PT SMART Tbk, Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Analisis data dengan menggunakan uji Chi-square Test dan Fisher’S Exact Test. Besar sampel pada penelitian ini adalah 29 pekerja. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden Packing berumur 15 - < 35 tahun (68,75%), masa kerja responden Packing 5-10 tahun (50%), responden bagian Packing (62,5%) menyatakan tidak mempunyai kebiasaan berolahraga. Dan responden Packing mempunyai kebiasaan merokok (56,25%). Mayoritas pada bagian Staple Filling berumur ≥35 – 55 tahun (92,3%), masa kerja pada responden Staple Filling adalah < 5 tahun (54%), kebiasaan berolahraga responden Staple Filling menyatakan tidak mempunyai kebiasaan berolahraga (84,6%). Dan kebiasaan merokok responden Staple Filling mempunyai kebiasaan merokok (77%). Diketahui bahwa mayoritas sikap kerja responden Packing tidak melakukan sikap kerja < 5 prinsip ergonomi fisik (56,25%). Sedangkan untuk mayoritas sikap kerja responden Staple Filling juga tidak melakukan sikap kerja < 5 prinsip ergonomi fisik (54%). Analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keluhan musculoskeletal dengan masa kerja responden Packing, sikap kerja responden Packing, dan sikap kerja responden Staple Filling (p=0,014, p=0,001, p=0,005) Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara sikap kerja dengan keluhan nyeri otot pada pekerja bagian Packing dan Staple Filling PT SMART Tbk, Surabaya. Disarankan kepada perusahaan untuk menyediakan stasiun kerja yang ergonomis dan pekerja disarankan untuk sering mengubah posisi tubuh. Kata Kunci: Gangguan otot rangka, sikap kerja, pekerja packing, pekerja staple filling.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 27-16 Kom h
Uncontrolled Keywords: Gangguan otot rangka, sikap kerja, pekerja packing, pekerja staple filling.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
LOHISTA DIPTA KOMALA, 101310113038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof. Dr., dr., M.S,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Mar 2017 21:02
Last Modified: 23 Mar 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item