PEMERTAHANAN BAHASA DAYAK NGAJU PADA KOMUNITAS HIMPUNAN WARGA KALIMANTAN TENGAH DI SURABAYA (HWKTS): KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

MATHEUS GILANG PAMUNGKAS, 121211133068 (2016) PEMERTAHANAN BAHASA DAYAK NGAJU PADA KOMUNITAS HIMPUNAN WARGA KALIMANTAN TENGAH DI SURABAYA (HWKTS): KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 70-16 Pam p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemertahanan Bahasa Dayak Ngaju pada Himpunan Warga Kalimantan Tengah di Surabaya (HWKTS): Kajian Sosiolinguistik” bertujuan untuk mendeskripsikan pemertahanan bahasa Dayak Ngaju dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemertahanan bahasa Dayak Ngaju di Surabaya khususnya di komunitas kerohanian agama Kristen pada Himpunan Warga Kalimantan Tengah di Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemertahanan bahasa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan semata-mata berdasarkan fakta yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Metode simak ini dilanjutkan dengan teknik simak bebas, sadap dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan hasil percakapan sesuai situasi pemakaian bahasa. Penelitian menunjukan bahwa ada beberapa faktor penting yang menyebabkan terjadinya pemertahanan bahasa ini. Faktor-faktor tersebut adalah (1) Faktor Kebanggaan Akan Budaya dan Berbahasa Dayak Ngaju (2) Faktor Keakraban (3) Faktor Kerinduan Terhadap Situasi Kebahasaan di Kampung Halaman dan (4) Faktor Semangat untuk mempertahankan tradisi dan budaya Dayak di Tanah Rantau. Pemertahanan bahasa Dayak Ngaju pada HWKTS sering digunakan dalam berbagai situasi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Himpunan Warga Kalimantan Tengah di Surabaya merasa bangga dan nyaman tetap menggunakan bahasa ibu mereka. Hal ini menyebabkan bahasa Dayak Ngaju tersebut akan terus bertahan baik dalam komunitas Himpunan Warga Kalteng di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 70-16 Pam p
Uncontrolled Keywords: Pemertahanan bahasa, bahasa Dayak Ngaju, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
MATHEUS GILANG PAMUNGKAS, 121211133068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:17
Last Modified: 23 Mar 2017 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55251
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item