GAYA BAHASA DAN MAKNA LIRIK LAGU IWAN FALS ALBUM KESEIMBANGAN

AGUSTINA PRASTYOWATI, 121211132040 (2016) GAYA BAHASA DAN MAKNA LIRIK LAGU IWAN FALS ALBUM KESEIMBANGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 73-16 Pra g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gaya bahasa dan makna lirik lagu Iwan Fals album Keseimbangan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan makna yang terkandung dalam setiap lirik lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan hasil analisis dari gaya bahasa dan makna pada lirik lagu Iwan Fals dalam album Keseimbangan. Data yang dikumpulkan dalam bentuk teks yang telah ditranskripsikan kemudian diklasifikasikan berdasarkan kategori. Teori yang digunakan adalah teori gaya bahasa dan semantik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat gaya bahasa dan makna yang terkandung pada lirik lagu Iwan Fals album Keseimbangan. Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut, pertama penggunaan gaya bahasa yang ditemukan pada lirik lagu Iwan Fals album Keseimbangan yang meliputi gaya bahasa perbandingan berupa metafora, persamaan atau simile, personifikasi, dan koreksio, gaya bahasa pertentangan berupa hiperbola, sarkasme, dan ironi, gaya bahasa pertautan berupa epitet dan antonomasia, dan gaya bahasa perulangan berupa aliterasi, asonansi, epizeukis, epistrofa, simploke, anadiplosis, mesodiplosis, dan epanalepsis. Dari tujuh belas gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu Iwan Fals album Keseimbangan, gaya bahasa yang paling dominan yaitu gaya bahasa anafora yang ditemukan terdapat enambelas data yang mengandung gaya bahasa anafora. Kedua, makna yang terkandung pada setiap bait dan baris lirik lagu yang dikategorikan makna denotasi atau makna konotasi. Dari duabelas lagu yang diteliti makna yang paling dominan adalah makna denotasi di mana di dalam lirik lagu tersebut mengandung makna yang sebenarnya terjadi atau sesuai dengan kenyataan dan terkesan sedang menceritakan sesuatu tentang fakta yang terjadi atau kejadian yang dialami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 73-16 Pra g
Uncontrolled Keywords: Gaya bahasa, makna, lagu Iwan Fals
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
AGUSTINA PRASTYOWATI, 121211132040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Kirana Suryo Puteri, S.Hum., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:31
Last Modified: 23 Mar 2017 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item