EVALUASI PENGENDALIAN INTERN SISTEM PEMBERIAN KREDIT UNTUK MEMINIMALKAN KREDIT MACET(Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam NENIMOR, Dili - Timor Leste)

Francisco Vicente, 041314253005 (2017) EVALUASI PENGENDALIAN INTERN SISTEM PEMBERIAN KREDIT UNTUK MEMINIMALKAN KREDIT MACET(Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam NENIMOR, Dili - Timor Leste). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS FRANCISCO VICENTE 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Evaluasi pengendalian internal menjadi bagian dari upaya yang dilakukan koperasi Nenimor untuk meningkatkan efektifitas kegiatan operasionalnya. Langkah evaluasi pengendalian internal koperasi yaitu berdasarkan kerangka kerja COSO tahun 1992. Koperasi simpan pinjampun menerapkan pengendalian internal, Karena koperasi mempunyai aktivitas seperti penyaluran kredit kepada nasabah/anggota. Penyaluran kredit tidak menggunakan analisa yang baik, sehingga timbulkan kredit macet. Karena kredit macet menjadi ancaman kerugian yang dialami koperasi disebabkan oleh tidak tertagihnya piutang. Kredit macet yang terjadi pada koperasi simpan pinjam ”Naroman ba Ema Nian Moris” (NENIMOR) disebabkan oleh pihak manajemen koperasi terlalu banyak melakukan kompromi kredit. Kurang cermat melakukan analisa kredit, yaitu mempelajari usaha nasabah, penghasilan nasabah, dan jaminan nasabah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan wawancara. Dengan metode ini bisa mengetahui pengendalian internal sistem pemberian kredit pada koperasi simpan pinjam NENIMOR, dengan komponen-komponen pengendalian internal berdasarkan kerangka kerja COSO tahun 1992. Penelitian ini peneliti menemukan hal-hal yang mengakibatkan terjadinya kredit macet pada koperasi simpan pinjam NENIMOR, yaitu; pengurus selalu ikut campur tangan pada sistem pemberian kredit, terjadinya kompromi kredit, pemberian kredit melampaui batas maksimal plafon kredit, dan pengawasan dari pengawas yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 51/16 Vic e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pengendalian Internal Sistem Pemberian Kredit, Kerangka Kerja COSO tahun 1992.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Francisco Vicente, 041314253005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndry Irwanto, Dr. , SE.,MBA, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 16:37
Last Modified: 23 Mar 2017 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55258
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item