STUDI MEKANISME REAKSI PERTUKARAN LIGAN ANTARA LIGAN ENTEROBACTINE DALAM KOMPLEKS Fe (III)-ENTEROBACTINE DENGAN EDTA SECARA IN VITRO

MABSUSI, 089411198 (1999) STUDI MEKANISME REAKSI PERTUKARAN LIGAN ANTARA LIGAN ENTEROBACTINE DALAM KOMPLEKS Fe (III)-ENTEROBACTINE DENGAN EDTA SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpk 1.99 mib s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai mekanisme pembebasan Fe(Ill) yang terikat pada kompleks siderophore enterobactine dengan metode kinetika pertukaran ligan, antara ligan siderophore enterobactine dengan model ligan biologis EDTA. Kompleks Fe(III)-siderophore enterobactine terbentuk dari siderophore enterobactine yang dihasilkan dari bakteri Escherichia coli dengan Fe(Ill) dari larutan Fe(NOJ)3. Kompleks Fe(III)-enterobactine dilakukan analisis dengan menggunakan spektrofotometer UV-VIS, hasil analisis yang berupa spektrum diplotkan dengan spektrum dari kompleks Pe(llI)-EDTA denganjumlah konsentrasi hampir sama, dari kedua spektrum tersebut diperoleh panjang gelombang maksimum yang digunakan untuk mengukur kinetika reaksi pertukaran ligan. HasH dari perbitungan, yang diperoleh dari spektrum antara absorbansi (A) terbadap waktu (t), menunjukkan ligan EDT A mampu menggantikan ligan enterobactine dengan mekanisme reaksi perrukaran ligan antara ligan enterobactine dalam kompleks Fe(ill)-enterobactine dengan mode) ligan biologis EDTA. diasumsikan berlangsung dalam tiga tahap. Tahap proto nasi pada kompleks Fe(Ill)enterobactine, tahap kedua pambentukan kompleks temer dan tahap ketiga peruraian kompleks terner menjadi kompleks Fe(nI)-EDT A dan ligan enterobactine bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpk 1.99 mib s
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
MABSUSI, 089411198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHANDOKO DARMOKOESOEMO, Drs. M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 23 Mar 2017 18:09
Last Modified: 23 Mar 2017 18:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item