ANALISIS PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Alfiana Fitri, 041314253026 (2017) ANALISIS PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS-ALFIANA FITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara mekanisme internal tata kelola perusahaan dan luas pengungkapan laporan tahunan yang terjadi di perusahaan manufaktur. Tata kelola perusahaan dan pengungkapan akan melindungi investor dari asimetri informasi. Mekanisme tata kelola perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: diversitas gender dewan direksi, usia dewan direksi, latar belakang pendidikan dewan direksi dan kepemilikan asing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 sebesar 104 perusahaan. Luas pengungkapan laporan tahunan diukur dengan menggunakan daftar item pengungkapan yang digunakan dalam Annual Report Award 2014. Regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antara mekanisme internal tata kelola dan luas pengungkapan laporan tahunan. Penelitian membuktikan kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan, sedangkan diversitas gender dewan direksi, usia dewan direksi dan latar belakang pendidikan dewan direksi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap luas pengungkapan laporan tahunan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 60/16 Fit a
Uncontrolled Keywords: tata kelola perusahaan, luas pemgungkapan, laporan tahunan, asimetri informasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Alfiana Fitri, 041314253026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorZaenal Fanani, Dr. H., SE., MSA., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 18:40
Last Modified: 23 Mar 2017 18:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item