MENINGKATKAN TARGET PENERIMAAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)DENGAN METODE ANALYSIS NETWORK PROCESS (ANP)

ANNISA NOVIYANTI, 041214253011 (2017) MENINGKATKAN TARGET PENERIMAAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)DENGAN METODE ANALYSIS NETWORK PROCESS (ANP). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Annisa Noviyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan aplikasi/ metode Analysis Network Process (ANP) untuk menganalisis kebijakan yang telah dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak dari sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hasil analisis ANP pada penelitian ini memberikan nilai inkonsistensi kurang dari 0,1 sehingga dapat dinyatakan hasilnya adalah konsisten. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 2 informan, dimana pada informan pertama, kriteria yang dianggap lebih dominan adalah : Peningkatan pelayanan, Perluasan channel, Quality assurance, dan Pengurangan Jangka waktu audit, sedangkan pada informan kedua, kriteria yang dianggap lebih dominan adalah : Konsultasi dan pemeriksaan wajib pajak, penambahan formasi KPP, Prosedur penilaian, dan Meningkatkan audit coverage ratio. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, masih terdapat gap atau perbedaan antara persepsi Wajib Pajak dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengenai hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka peningkatan penerimaan pajak, khususnya dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pada penelitian ini jumlah informan sangat terbatas sekali, sehingga data dan pendapat yang diperoleh tidak dapat dijadikan tolak ukur mengenai penerapan strategi yang dilakukan Direktoran Jenderal Pajak (DJP) untuk meningkatkan penerimaan pajak dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jika ada yang berminat untuk melakukan penelitian yang serupa, penulis menyarankan untuk menambah jumlah informan baik dari sisi DJP maupun pengusaha pelaku UMKM agar dapat diperoleh gambaran yang lebih luas (global) mengenai strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak, khususnya dari sektor UMKM

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 65/16 Nov m
Uncontrolled Keywords: ANP, UMKM, Pajak Penghasilan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ANNISA NOVIYANTI, 041214253011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.Suyunus, Dr. , MAFIS., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 21:55
Last Modified: 23 Mar 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55354
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item