PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KESULITAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

PUTRI MADITA SARI, 041224253009 (2017) PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KESULITAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TESIS_PUTRI_M_S_1-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemilikan institutional, kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewa direksi dan komite audit terhadap manajemen laba dengan kesulitan keuangan sebagai variabel mediasi. Populasi pada pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 sebanyak 140 perusahaan. Pemilihan sample dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan jumlah sample sebanyak 110 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis jalur Partial Least Square dengan menggunakan software SmartPLS 3. Pada penelitian ini menggunakan tiga proksi pengukuran untuk mengukur kesulitan keuangan yaitu dengan menggunakan Altman Z Score, Springate dan Zmijewski serta Manajemen Laba juga diukur dengan menggunakan dua proksi yaitu manajemen laba accrual dan manajemen laba riil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tata kelola perusahaan yang memiliki pengaruh significant terhadap manajemen laba hanyalah kepemilikan manajerial. Kesulitan keuangan berpengaruh significant secara positif terhadap manajemen laba tetapi tidak dapat memediasi pengaruh kepemilikan institutional, kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan direksi dan komite audit terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 68/16 Sar p
Uncontrolled Keywords: tata kelola perusahaan, manajemen laba akrual, manajemen laba rill, kesulitan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI MADITA SARI, 041224253009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorZaenal Fanani, Dr.,SE.,M.SA.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2017 00:28
Last Modified: 29 Jan 2018 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55379
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item