GAMBARAN KOMUNIKASI HAZARD SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN ADMINISTRASI DI PT. JINDAL STAINLESS INDONESIA

HARDYA VITNI ANUGRAH, 101310113031 (2016) GAMBARAN KOMUNIKASI HAZARD SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN ADMINISTRASI DI PT. JINDAL STAINLESS INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.HKK 31-16 Anu g abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.HKK 31-16 Anu g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hazard di tempat kerja dan pengendalian risiko perlu dikomunikasikan. Komunikasi hazard akan memberikan informasi kepada tenaga kerja dan menumbuhkan perilaku selamat sehingga diharapkan angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat dikendalikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari komunikasi hazard sebagai pengendalian administrasi di PT. Jindal Stainless Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional dengan desain penelitian diskriptif. Objek penelitian ini adalah jenis-jenis komunikasi hazard yang telah diterapkan PT. Jindal Stainless Indonesia untuk mengkomunikasikan hazard yang ada di tempat kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 proses produksi di PT. JSI yaitu: APL, BAL, Rolling dan Finishing. Komunikasi hazard yang dilakukan oleh PT. JSI adalah safety talk, toolbox meeting, safety sign (rambu), rapat dan diskusi P2K3, training K3, mading K3, perayaan bulan K3, inspeksi K3, pagging dan induksi kepada tamu. Safety talk dilakukan secara perorangan, training K3 kurang terperiode dan sesuai kebutuhan, diskusi dan rapat P2K3 dilakukan kurang rutin, beberapa safety sign yang menggunakan bahasa asing dan kurang terawat, peringatan bulan K3 kurang meriah serta mading K3 yang kurang dimanfaatkan. Pagging, induksi kepada tamu, inspeksi K3 serta toolbox meeting telah dilakukan dengan baik dan terarah. Pihak perusahaan disarankan untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada safety sign, penentuan periode dan perencanaan training K3 serta memaksimalkan pelaksanaan peringatan bulan K3 dan pengisian mading K3. Kata Kunci : komunikasi hazard, pengendalian administrasi, perusahaan stainless steel.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 31-16 Anu g
Uncontrolled Keywords: komunikasi hazard, pengendalian administrasi, perusahaan stainless steel.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
HARDYA VITNI ANUGRAH, 101310113031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho’im Hidayat, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Mar 2017 00:51
Last Modified: 24 Mar 2017 00:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item