GAMBARAN HUBUNGAN KADAR DEBU DAN KARAKTERISTIK PEKERJA TERHADAP KELUHAN SUBYEKTIF SALURAN PERNAPASAN PADA LOKASI INTAKE DAN GUDANG CURAH DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA, KRIAN

ANIS SAFITRI, 101310113027 (2016) GAMBARAN HUBUNGAN KADAR DEBU DAN KARAKTERISTIK PEKERJA TERHADAP KELUHAN SUBYEKTIF SALURAN PERNAPASAN PADA LOKASI INTAKE DAN GUDANG CURAH DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA, KRIAN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.HKK 40-16 Saf g abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.HKK 40-16 Saf g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ternak, dimana proses produksinya menghasilkan debu yang dapat mengganggu kenyamanan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan bisa menimbulkan keluhan subyektif pada saluran pernapasaan yang berhubungan dengan kadar debu maupun faktor karakteristik pekerja yaitu usia, masa kerja, kebiasaan merokok, respiratory rate dan kebiasaan memakai alat pelindung pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan kadar debu dan karakteristik pekerja terhadap keluhan subyektif saluran pernapasan di lokasi intake dan gudang curah di PT Charoen Pokphand Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif. Obyek penelitian ini adalah seluruh pekerja dibagian intake dan gudang curah yaitu sebanyak 19 orang. Variabel penelitian ini meliputi kadar debu, karakteristik pekerja, dan keluhan subyektif saluran pernapasan. Pengukuran kadar debu dilakukan pada siang hari di satu titik area intake dan satu titik area gudang curah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerja yang lebih banyak mengalami keluhan subyektif saluran napas adalah pekerja yang bekerja di tempat kerja dengan kadar debu >NAB, berusia >39 tahun, masa kerjanya ≤10 tahun, merokok, kadang memakai alat pelindung pernapasan, dan memiliki respiratory rate >20x/menit. Saran yang diberikan adalah sebaiknya melakukan pengukuran kadar debu secara berkala, membersihkan debu yang tercecer dengan cara basah, memberikan pelatihan dan pendidikan K3 tentang bahaya debu bagi kesehatan dan upaya pengendaliannya yang diselenggarakan secara berkala. Kata kunci: debu organik, keluhan subyektif saluran pernapasan, karakteristik pekerja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 40-16 Saf g
Uncontrolled Keywords: debu organik, keluhan subyektif saluran pernapasan, karakteristik pekerja.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
ANIS SAFITRI, 101310113027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Mar 2017 16:08
Last Modified: 26 Mar 2017 16:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item