PENGARUH FAKTOR PEMBATASAN PEMBERIAN JUMLAH RANSUM DAN BENTUK FISIK RANSUM TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, BERAT BADAN AKHIR DAN KONVERSI PAKAN AYAM PEDAGING JANTAN

Devy Robinson Nainggolan, 069711330 (1992) PENGARUH FAKTOR PEMBATASAN PEMBERIAN JUMLAH RANSUM DAN BENTUK FISIK RANSUM TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, BERAT BADAN AKHIR DAN KONVERSI PAKAN AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 762 -93 NAI P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

'Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembatasan pemberian jumlah ransum dengan bentuk fisik yang berbeda terhadap pertambahan berat badan, berat badan akhir dan konversi pakannya. . Dalam penelitian ini menggunakan 30 ekor -ayam pedaging Strain Hubbard yang dibagi menjadi enam seeara aeak. masing-masing mendapat perlakuan pembatasan pemberian jumlah ransum yang dikombinasi dengan bentuk fisik yang berbeda. Pemberian ransum yang dilakukan adalah ad libitum, 90.persen dan 80 persen sedangkan bentuk fisik yang d igunakan adalah bentul\'. tepung dan butiran. Metode yang dipakai adalah Raneangan Aeak Lengkap Pola Faktorial (2x3) sehingga diperoleh enam perlakuan kombinasi yang masingmasing diulang sebanyak lima kali. Penelitian 1n1 berlangsung selama enam minggu. Penelitian ini juga didukung oleh penelitian pendahuluan untuk mendapatkan standart konsumsi pakan ayam pedaging tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan pembatasan pemberian jUlfilah ransum, bentuk fisik ransum dan interaksinya adalah sangat nyata (P ( 0,01) mempengaruhi berat badan, pertambahan berat badan serta konversi pakannya. Pember ian seeara ad libitum dalam bentuk butiran menghasilkan pertambahan berat badan dan berat badan akhir yang tinggi serta konversi pakan yang lebih baik, disamping secara ekonomi lebih menguntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 762/93 Nai p
Uncontrolled Keywords: FOOD, LIVESTOCK
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Devy Robinson Nainggolan, 069711330UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoesanto Prijosepoetro, Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 26 Mar 2017 19:46
Last Modified: 26 Mar 2017 19:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55445
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item