PERILAKU APARATUR PEMERINTAH DALAM IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI BERBASIS AKRUAL : PERSPEKTIF SOCIAL COGNITIVE THEORY(Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasuruan)

BARDA SURAIDAH, 041414253020 (2017) PERILAKU APARATUR PEMERINTAH DALAM IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI BERBASIS AKRUAL : PERSPEKTIF SOCIAL COGNITIVE THEORY(Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasuruan). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS - BARDA SURAIDAH 041414253020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Implementasi sistem akuntansi instansi berbasis akrual sebagai perwujudan adanya pembaharuan di bidang pengelolaan dan pelaporan keuangan pemerintah telah membuka ruang terbentuknya berbagai macam perilaku dari aparatur yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai tim pengelola keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam mengenai perilaku aparatur pemerintah dalam implementasi sistem akuntansi instansi di KPU Kabupaten Pasuruan. Analisa dilakukan dengan menggunakan social cognitive theory dalam penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan terdiri atas data utama berupa kata-kata dan tindakan, ekspresi, sikap maupun pemahaman dari subjek yang diteliti, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen dan catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan tim pengelola keuangan, yang didukung dengan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan realitas yang ada menggambarkan adanya perilaku postif dan negatif yang terbentuk dari faktor personal (kognitif) maupun faktor lingkungan yang ada dalam situs penelitian. Faktor kognitif berupa self efficacy positif telah membentuk perilaku optimis, cekatan disertai dengan komitmen yang tinggi untuk melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan. Namun terdapat pula self efficacy negatif dari beberapa aparatur yang membentuk perilaku malas dan kurang kooperatif. Faktor lingkungan berupa kejelasan tujuan, kebersamaan dan kerja sama tim, pelatihan, serta dukungan atasan nyatanya telah membentuk perilaku saling membantu, kompak, musyawarah, pemahaman yang memadai, ketegasan dalam bersikap, keikhlasan, ketekunan dan kesabaran, semangat dan motivasi, serta keteladanan dalam melaksanakan sistem akuntansi, meskipun di pihak lain terdapat pula perilaku cemburu/iri. Semua perilaku tersebut mengarah pada ritme kerja yang teratur sehingga menjadi titik tolak keberhasilan implementasi sistem akuntansi instansi berbasis akrual di KPU Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 78/16 Sur p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Aparatur Pemerintah, Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual, Social Cognitive Theory
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
BARDA SURAIDAH, 041414253020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBasuki, Drs. , M.Com (HONS)., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2017 20:26
Last Modified: 26 Mar 2017 20:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item