PENGARUH KEDUDUKAN GUGUS FUNGSI DAN WAKTU PELAPISAN TERHADAP REAKSI POLIMERISASI ANTARMUKA PADA PEMBUATAN MEMBRAN KOMPOSIT

CHRISTOFER ARISANDY, 089511260 (1999) PENGARUH KEDUDUKAN GUGUS FUNGSI DAN WAKTU PELAPISAN TERHADAP REAKSI POLIMERISASI ANTARMUKA PADA PEMBUATAN MEMBRAN KOMPOSIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpk 9.99 Ari p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Harga permeabilitas dan permselektivitas membran komposit dipengaruhi oleh karakteristik membran tersebut. Membran komposit yang merupakan suatu polimer dapat disintesis dari berbagai monomer. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan karakteristik membran komposit dari 0 -fenilendiamin dan membran komposit dari p -fenilendiamin yang berpolimerisasi kondensasi dengan trimesoil klorida membentuk poliamida. Sintesis membran komposit dilakukan melalui reaksi polimerisasi antarmuka di atas membran pendukung polisulfon. Waktu pelapisan didefinisikan sebagai waktu terjadinya reaksi polimerisasi antannuka. Variasi waktu pelapisanjuga dilakukan untuk mengetahui pengaruh kinetika kimia terhadap karakteristik membran. Karakterisasi membran tersebut meliputi ketebalan dan morfologi membran, tensile strength, dan strain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poliamida dari monomer dengan kedudukan gugus fungsi 0 -fenilendiamin memiliki harga tensile strength yang lebih tinggi dibandingkan p -fenilendiamin. Meskipun demikian, harga strain poliamida dari 0 -fenilendiamin lebih rendah. Variasi gugus fungsi tersebut tidak mempengaruhi ketebalan membran yang dihasilkan. Penambahan waktu pelapisan dapat meningkatkan harga tensile strength sampai titik maksimum, tetapi menurunkan harga strain. Waktu pelapisan yang lebih lama akan menghasilkan membran komposit yang lebih tebal, karena terbentuk rantai polimer dan ikatan silang yang lebih banyak. Hasil terbaik didapat dari monomer 0 -fenilendiamin dengan waktu pelapisan 30 detik, yang memiliki karakteristik tensile strength 56,67 MPa, strain 1,19 %, dengan ketebalan rata -rata 54,8 nm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpk 9.99 Ari p
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
CHRISTOFER ARISANDY, 089511260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTotok Adiarto, Drs. , M. SiUNSPECIFIED
Thesis advisorHandoko DarmokoesoemoUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 26 Mar 2017 22:46
Last Modified: 10 Jul 2022 14:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55476
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item