TINDAK TUTUR DI PONDOK PESANTREN FATHUL HIDAYAH MADURAN LAMONGAN: KAJIAN PRAGMATIK

AZIZATUR ROFIAH, 121211131219 (2016) TINDAK TUTUR DI PONDOK PESANTREN FATHUL HIDAYAH MADURAN LAMONGAN: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 104-16 Zur a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberagaman tindak tutur yang ada dalam suatu tuturan dapat diketahui dengan jelas jika dilakukan pengkajian secara Pragmatik. Pokok pembahasan penelitian ini Tindak Tutur di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan, (2) mendeskripsikan skala kesantunan berbahasa di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan. Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik, sedangkan teori yang relevan yaitu teori tindak tutur dan teori model kesantunan Brown and Levinson. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik simak, rekam dan catat. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk tindak tutur di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan, terdapat tiga bentuk tindak tutur yaitu: tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi. (2) Skala kesantunan berbahasa di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan ditentukan oleh perbedaan umur, tingkat keakraban, latar belakang sosiokultural, dan kedudukan asimetrik yaitu pada kekuasaan. Berdasarkan hasil dari analisis data tindak tutur di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan ditemukan adanya variasi bahasa dalam tuturan di lingkungan pondok pesantren. Deskripsi bentuk tindak tutur di Pondok Pesantren Fathul Hidayah Maduran Lamongan menunjukkan adanya kecenderungan dalam tuturan, yaitu tuturan lebih dominan pada tindak tutur ilokusi. Selain itu, juga ditemukan beberapa tuturan dua bahasa dalam satu tuturan, tuturan yang muncul ini diasumsikan dapat membedakan tuturan di Pondok Pesantren dengan tuturan pada masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 105-16 Rof t
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, skala kesantunan berbahasa, pragmatik, dan pondok pesantren.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
AZIZATUR ROFIAH, 121211131219UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Wiryanti Budi Utami, Dr. Dra.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 26 Mar 2017 23:25
Last Modified: 26 Mar 2017 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item