PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH KODOK SEBAGAI PENGGANTI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN DAN KONVERSI PAKAN AYAM PEDAGING JANTAN

IRMA DARDANA, 068711322 (1993) PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH KODOK SEBAGAI PENGGANTI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN DAN KONVERSI PAKAN AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 790-93 DAR P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pemberian tepung limbah kodok sebagai pengganti tepung ikan terhadap kenaikan berat badan dan konversi pakan ayam pedaging jantan. Sejumlah 40 ekor ayam pedaging jantan strain Hubbard berumur satu minggu sebagai sampel dalam penelitian ini. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi menj ad i 1ima ke lompok perlakuan dan delapan kali ulangan. Ayam-ayam tersebut ditempatkan dalam kandang baterai, tiap petak kandang berisi satu ekor ayam. Ransum yang digunakan hasil susunan sendiri dengan kadar protein untuk masa awal sebesar 23%, dan untuk 21% untuk masa akhir. Perlakuan diberikan mulai anak ayam berumur satu minggu sampai enam minggu, dengan pemberian pakan perlakuan penggantian tepung ikan dengan tepung limbah kodok sebesar 0% (perlakuan P1), penggantian tepung ikan dengan tepung limbah kodok sebesar 25% (perlakuan P2), penggantian tepung ikan dengan tepung limbah kodok sebesar 50% (perlakuan P3), penggantian tepung ikan dengan tepung limbah kodok sebesar 75% (perlakuan P4) dan penggantian tepung ikan dengan tepung limbah kodok sebesar 100% (perlakuan P5). Parameter yang dihitung adalah kenaikan berat· badan, konsumsi dan konversi pakan. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa perlakuan P4 dan P5 meningkatkan (p < 0,05) kenaikan berat badan per-hari dan berat badan akhir ayam pedaging jantan, tetapi tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara perlakuan (p > 0,05) terhadap konsumsi pakannya. Nilai konversi pakan perlakuan P4 dan P5 nyata lebih rendah (p < 0,05) dibanding perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 790/93 Dan p
Uncontrolled Keywords: POULTRY; ANIMAL FOOD
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
IRMA DARDANA, 068711322UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKUSRININGRUM R., Ir., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Mar 2017 16:22
Last Modified: 28 Mar 2017 16:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55486
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item