SEJARAH DAN EVALUASI KEBIJAKAN WAKAF DI INDONESIA: TINJAUAN TEORI EKONOMI KELEMBAGAAN

IMAM WAHYUDI INDRAWAN, 041211431002 (2016) SEJARAH DAN EVALUASI KEBIJAKAN WAKAF DI INDONESIA: TINJAUAN TEORI EKONOMI KELEMBAGAAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FEB.EI. 105-16 Ind s abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FEB.EI. 105-16 Ind s..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejarah dan Evaluasi Kebijakan Wakaf di Indonesia: Tinjauan Teori Ekonomi Kelembagaan ISI: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan-kebijakan wakaf di Indonesia dengan teori-teori ekonomi kelembagaan dalam rangka memberikan masukan bagi perbaikan kebijakan wakaf di Indonesia di masa mendatang. Objek dari penelitian ini adalah kebijakan wakaf di Indonesia sejak masa kerajaan Islam hingga masa Orde Reformasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengkaji kepustakaan yang berkaitan dengan sejarah kebijakan wakaf, fikih wakaf, sejarah hukum Islam di Indonesia, peraturan perundang-undangan wakaf dan teori ekonomi kelembagaan. Interpretasi data kepustakaan dilakukan dengan teknik analisis historis yang terdiri atas tahapan periodisasi yang didasarkan pada masa pemerintahan yang berkuasa di Indonesia dan deskriptif historis menggunakan teori perubahan kelembagaan dan teori hak kepemilikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kebijakan wakaf di Indonesia dari sudut pandang teori perubahan kelembagaan adalah hasil interaksi antara pemerintah dan umat Islam Indonesia dalam merumuskan kebijakan wakaf sebagai bagian dari hukum Islam. Sementara itu, ditinjau dari perspektif teori hak kepemilikan, perkembangan kebijakan wakaf di Indonesia cenderung tertinggal dibandingkan praktik di dunia Islam dan masih meninggalkan sejumlah permasalahan yang menghambat insentif bagi masyarakat untuk berwakaf seperti profesionalisme nazhir dan pemahaman yang benar mengenai wakaf. Oleh karena itu, kebijakan wakaf di masa mendatang harus dapat mengakomodasi sejumlah hal yang dapat memberikan insentif bagi para pelaku perwakafan dan wacana mengenai wakaf harus terus diinisiasi agar praktik wakaf di Indonesia terus berkembang ke arah yang lebih baik. Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan Wakaf, Sejarah Kebijakan Wakaf, Teori Ekonomi Kelembagaan, Teori Perubahan Kelembagaan, Teori Hak Kepemilikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 105-16 Ind s
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan Wakaf, Sejarah Kebijakan Wakaf, Teori Ekonomi Kelembagaan, Teori Perubahan Kelembagaan, Teori Hak Kepemilikan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2335.95-2337 Endowments, trusts, etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
IMAM WAHYUDI INDRAWAN, 041211431002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRaditya Sukmana, Dr., SE., M.A.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Mar 2017 20:28
Last Modified: 28 Mar 2017 20:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55519
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item