ANALISA PENENTUAN PROBABILITAS DAN DAMPAK RISIKO PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KABUPATEN GRESIK DENGAN TEKNIK ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)

ERSANDHI PRIMANTARA, 041114061 (2016) ANALISA PENENTUAN PROBABILITAS DAN DAMPAK RISIKO PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KABUPATEN GRESIK DENGAN TEKNIK ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FEB.EI. 113-16 Pri a abstrak.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FEB.EI. 113-16 Pri a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

JUDUL: Analisa Penentuan Probabilitas Dan Dampak Risiko Pada Lembaga Amil Zakat Di Kabupaten Gresik Dengan Teknik Analytical Hierarchi Process (AHP) ISI : Risiko adalah peluang terjadinya hasil yang tidak diinginkan yang memungkinkan munculnya hasil negatif. Beberapa definisi risiko yang disebutkan dalam penelitian terdahulu menjelaskan mengenai risiko yang berorientasi pada kegiatan bersifat profit. Namun belum ada definisi yang menjelaskan mengenai definisi risiko dalam kegiatan yang Non Profit. Objek penelitiannya adalah pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di kota Gresik, diantaranya adalah Varia Usaha, Nurul Hayat Gresik, LAZISMU cabang Gresik, Kotak Amal Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP (Analytical Hierarchi Process). Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) kriteria risiko reputasi dan kehilangan muzaki merupakan kriteria yang probabilitasnya paling sering terjadi, sedangkan kriteria risiko operasional merupakan kriteria yang memiliki dampak paling besar apabila terjadi; 2) Sub kriteria risiko reputasi dan kehilangan muzaki yang memiliki probabilitas paling sering terjadi dan yang memiliki dampak paling besar apabila terjadi adalah tidak adanya dukungan dari pengurus daerah.; 3) Sub kriteria risiko operasional yang memiliki probabilitas paling sering terjadi dan yang memiliki dampak paling besar apabila terjadi adalah risiko perekrutan mustahik.; 4) Sub kriteria risiko penyaluran yang memiliki probabilitas paling sering terjadi adalah muzaki ingin dana zakat disalurkan pada daerah tempat tinggalnya, sedangkan sub kriteria yang memiliki dampak paling besar apabila terjadi adalah risiko melengkapi target mustahik. Penggunaan teknik analisis yang lain sangat dianjurkan bagi penelitian selanjutnya untuk mendapatkan nilai-nilai yang signifikan mengenai risiko-risiko yang terjadi pada lembaga amil zakat, sehingga dapat diketahui juga besar kerugian yang ditimbulkan. Kata Kunci: Risiko, Analytical Hierarchi Process (AHP), Lembaga Amil Zakat (LAZ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 113-16 Pri a
Uncontrolled Keywords: Risiko, Analytical Hierarchi Process (AHP), Lembaga Amil Zakat (LAZ)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ERSANDHI PRIMANTARA, 041114061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatin Fadhilah Hasib, SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Mar 2017 23:20
Last Modified: 28 Mar 2017 23:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55536
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item