PROSEDUR PENERBITAN SURAT PERINTAH PEMERIKSAAN (SP2) PADA SEKSI PEMERIKSAAN KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SURABAYA MULYOREJO

AYU KOMALA DEWI, 041310513042 (2016) PROSEDUR PENERBITAN SURAT PERINTAH PEMERIKSAAN (SP2) PADA SEKSI PEMERIKSAAN KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SURABAYA MULYOREJO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.MPK. 41-16 Dew p abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.MPK. 41-16 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Simpulan Dari hasil Praktik Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan selama tiga bulan di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo pada seksi Pemeriksaan, maka dapat dibuat kesimpulan yaitu: 1. Seksi Pemeriksaan yang memiliki tugas melakukan administrasi perpajakan, melakukan usulan daftar nominatif atas Wajib Pajak yang akan diperiksa, Penatausahaan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan), Monitoring pelaksanaan pemeriksaan dan administrasi pajak yang lainnya. 2. Berkas atau dokumen yang diterima berupa Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) yang diterima dari Seksi Pelayanan, data mengenai Wajib Pajak yang diterima dari Seksi Pengolahan Data dan Informasi (PDI), dokumen tunggakan Wajib Pajak yang diterima dari Seksi Penagihan, dan dokumen mengenai data profile Wajib Pajak yang diterima dari Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon). 3. Prosedur Penerbitan SP2 melalui beberapa tahap yaitu dimulai dari (1) Kepala Seksi Pemeriksaan membuat Audit Plan dan Audit Program yang kemudian menugaskan pelaksana untuk membuat konsep SP2 dan Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Lapangan atau Surat Panggilan dalam rangka pemeriksaan Kantor, (2) Kepala Seksi Pemeriksaan meneliti terlebih dahulu hasil konsep SP2 dan Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Lapangan atau Surat Panggilan yang kemudian akan di paraf, (3) Kepala Seksi Pemeriksaan menyerahkan hasil konsep SP2 dan Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Lapangan atau Surat Panggilan kepada Kepala Kantor untuk menyetujui dan menandatangani, (4) Apabila konsep SP2 telah disetujui oleh Kepala Kantor, maka Kepala Seksi Pemeriksaan menugaskan pelaksananya untuk menatausahakan dan menyampaikan SP2 pada Tim Pemeriksa Pajak. 4. Dalam melakukan penerbitan SP2 ini, terdapat kendala yaitu saat melakukan penginputan hasil penerbitan SP2 ke dalam SIDJP, sering terjadi kesalahan sistem pada SIDJP yang mengakibatkan penginputan berjalan dengan tidak lancar. 3.2 Saran Berdasarkan hasil pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang dilakukan selama tiga bulan di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo, ada beberapa saran dalam menjalankan prosedur penerbitan SP2 pada KPP Mulyorejo, yaitu: 1. Sebaiknya adanya komunikasi yang baik antara Kantor Pelayanan Pajak dengan Kantor Pusat yang memegang server dari SIDJP untuk melakukan perbaikan server sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan sistem dan meningkatkan kinerja kantor agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. 2. Sebaiknya dalam proses penerbitan SP2 harus lebih diteliti kembali agar tidak terdapat perubahan dari isi SP2.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MPK. 41-16 Dew p
Uncontrolled Keywords: PROSEDUR PENERBITAN SURAT PERINTAH PEMERIKSAAN (SP2), SEKSI PEMERIKSAAN KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
Creators:
CreatorsEmail
AYU KOMALA DEWI, 041310513042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIda Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Mar 2017 18:18
Last Modified: 18 Apr 2017 21:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55559
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item