PEREMPUAN DAN KRETEK DALAM NOVEL GADIS KRETEK KARYA RATIH KUMALA

Diah Ajeng Lestari, 121211133045 (2016) PEREMPUAN DAN KRETEK DALAM NOVEL GADIS KRETEK KARYA RATIH KUMALA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK578-min.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FS. BI. 85-16 Les p-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul “Perempuan dan Kretek dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala” ini bertujuan untuk menemukan aktivitas perempuan dan kretek melalui relasi antartokoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan teknik studi pustaka dalam memperoleh data dengan melakukan pembacan serta pengamatan ulang terhadap teks. pengamatan terhadap novel tersebut dilanjutkan ke analisis data. Pertama, mengungkap aktivitas perempuan terhadap kretek melalui teori struktur yang memanfaatkan relasi antartokoh dan juga melalui penggambaran yang sesuai dengan yang tertulis di teks. Dari hasil analisis tersebut akan terlihat bagaimana sikap perempuan yang dihadirkan dalam novel. Kedua, hasil pencarian data yang dikumpulkan melalui pengidentifikasian di atas dapat dilanjutkan pada tahap analisis. Sehingga, untuk mengetahui pemaknaan perempuan dan kretek dapat dilakukan melalui pemanfaatan kritik sastra feminis. Berdasarkan analisis pada novel Gadis Kretek memperlihatkan bahwa perempuan merupakan manusia yang memiliki kebebasan dalam bersikap dan menunjukkan bahwa sebagai perempuan mereka dapat melakukan hal-hal yang terkait dengan ranah laki-laki yaitu dunia perkretekan. Sehingga, mereka memiliki pengaruh dan hak yang sama. Melalui pembuktian bahwa perempuan dapat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan kretek membuktikan bahwa dalam novel Gadis Kretek perempuan melakukan perlawanan terhadap sistem patriarki melalui kretek. Sehingga, dapat dikatakan bahwa kretek merupakan jalan perempuan untuk meraih kebebasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 85-16 Les p
Uncontrolled Keywords: Gadis kretek, perempuan, kretek, perlawanan, kritik sastra feminis
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Diah Ajeng Lestari, 121211133045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIda Nurul Chasanah, Dr. , S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Mar 2017 22:10
Last Modified: 23 Aug 2017 23:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55578
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item