ANALISIS EFISIENSI REKSADANA SAHAM SYARIAH DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS METODE BCC PADA TAHUN 2012 - 2015

GHAZIAN PRASETYO ADLI, 041211431038 (2016) ANALISIS EFISIENSI REKSADANA SAHAM SYARIAH DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS METODE BCC PADA TAHUN 2012 - 2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FEB.EI. 124-16 Adl a abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FEB.EI. 124-16 Adl a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

JUDUL: Analisis efisiensi reksadana saham syariah dengan Data Envelopment Analysis metode BCC pada tahun 2012-2015. ISI: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi reksadana saham syariah dengan DEA metode BCC dan untuk mengetahui adanya perbedaan efisiensi antar reksadana saham syariah. Efisiensi menggambarkan seberapa optimal sebuah manajer investasi dalam mengelola produk reksadana sehingga menghasilkan return yang maksimal, serta menunjukkan kekuatan dan kelemahan produk reksadana saham syariah tersebut. Pengukuran efisiensi reksadana saham syariah dalam penelitian ini menggunakan faktor risiko, faktor beban biaya pada reksadana dan return. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Penelitian ini menggunakan sembilan reksadana saham syariah, kemudian dilakukan penilaian efisiensi dengan menggunakan data envelopment analysis dan selanjutnya dilakukan uji Kruskal-Wallis dan Mann- Whitney Test. Penilaian efisiensi reksadana saham syariah menggunakan tiga variabel input yaitu standar deviasi, rasio beban manajer investasi dan rasio beban bank kustodian. Sedangkan untuk variabel output yaitu annualized return dan rasio pertumbuhan aset terhadap return. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan mengumpulkan data NAB harian, prospektus, laporan keuangan tahunan reksadana saham syariah selama periode 2012-2015. Analisis efisiensi yang dilakukan menunjukkan bahwa reksadana BNP Paribas Pesona Syariah, Danareksa Indeks Syariah dan Manulife Syariah Sektoral Amanah merupakan reksadana yang efisien. Kemudian, hasil uji Kruskal-Wallis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efisiensi antar reksadana saham syariah. Kata kunci: Analisis Efisiensi, Reksadana Saham Syariah, Data Envelopment Analysis, BCC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 124-16 Adl a
Uncontrolled Keywords: Analisis Efisiensi, Reksadana Saham Syariah, Data Envelopment Analysis, BCC.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
GHAZIAN PRASETYO ADLI, 041211431038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAri Prasetyo, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Mar 2017 23:55
Last Modified: 30 Mar 2017 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55625
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item