PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS DALAM MENGOPTIMALKAN ALIRAN PRODUKSI PADA PT. EKA ESGEJE UNTUK MEMPERBAIKI POSISI KOMPETITIF

ANDI SETIAWAN, 049816067 (2004) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS DALAM MENGOPTIMALKAN ALIRAN PRODUKSI PADA PT. EKA ESGEJE UNTUK MEMPERBAIKI POSISI KOMPETITIF. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 164.05 Set p ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. EKA ESGEJE merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi perhiasan dan aksesoris dengan orientasi ekspor. Produk yang dihasiIkan adalah berbagai macam perhiasan dari bahan perak., emas, dan swasa, yang dapat berbentuk cincin, gelang, anting, bros, liontin, pin, souvenir, dan lain-lain. Pennasalahan yang dihadapi oleh PT. EKA ESGEJE bermula dari adanya permintaan yang belum dipenuhi karena penundaan manufakturing dan meningkatnya cycle time yang disebabkan oleh keberadaan kendala yang terdapat dalam fungsi produksi dimana faktor-faktor produksi belum (japat dimanfaatkan secara optimal. sehingga mempengaruhi kelancaran dalam proses produksi. Selama ini PT. EKA ESGEJE masih belum menggunakan suatu alat manajemen dalam mengQptimalkan proses produksinya dan untuk memen\lhi permintaan pasar perusahaan menentukan prioritas produksi pada produk dengan marjin kontribusi terbesar, sehingga throughput yang dihasilkan masih belum optimal. Skripsi ini berusaha mengimplement~ikan penerapan Theory ojConstraint dalam mengoptimalkan proses produksi perusahaan untuk meningkatkan throughput yang dihasilkan sehingga dapat memeperbaiki posisi kompetitif perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Langkah pertama adalah mencari dan merumuskan masalah yang akan dihadapi serta melakukan studi kepustakaan. Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data melalui dokumentasi. wawancara dan observasi. Langkah yang terakhir melakukan analisa terhadap data berdasarkan landasan teQri yang digunakan yaitu penerapan lima langkah Theory oj Constraint dalam mengidentifikasi dan mengelola kendala internal perusahaan. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa kendala yang berada pada proses pemolesan menyebabkan perusahaan tidak mampu mengoptimalkan throughput yang dihasilkan serta terlambat dalam memenuhi permintaan pasar. Theory oj Constraint dapat memberikan suatu pemecahan untuk mengatasi kendala tersebut melalui bauran produk optimal dan pengendalian tingkat persediaan barang dalam proses dengan menggunakan Drum Buffer Rope System. Theory ojConstraint juga memberikan altematif kepada perusahaan dalam menampah kapasitas kedalam kendala yang mengikat. Dalam proses selanjutnya Theory oj Constraint menganut filosofi continuous improvement, dimana bila suatu kendala sudah teratasi maka tidak menutup kemungkinan akan timbul kendala potensial yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ANDI SETIAWAN, 049816067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI Made Narsa, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Apr 2017 19:26
Last Modified: 03 Apr 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item