KORELASI ANTARA KADAR OSTEOPROTEGERIN SERUM DENGAN ARTERIAL STIFFNESS YANG DINILAI DENGAN CARDIO-ANKLE VASKULAR INDEKS (CAVI) PADA PENDERITA HIPERTENSI

Amelia Arindanie, NIM011081302 (2016) KORELASI ANTARA KADAR OSTEOPROTEGERIN SERUM DENGAN ARTERIAL STIFFNESS YANG DINILAI DENGAN CARDIO-ANKLE VASKULAR INDEKS (CAVI) PADA PENDERITA HIPERTENSI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PPDS. JP. 14-16 Ari k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Arterial stiffness merupakan salah satu faktor resiko independen terhadap kejadian penyakit kardiovaskular. Arterial stiffness juga merupakan penanda prognostik yang cukup penting dan target terapi pada pasien hipertensi. Cardio-ankle vascular index merupakan suatu pengukuran klinis yang baru dikembangkan untuk evaluasi arterial stiffnes dari pangkal aorta sampai pergelangan kaki. Osteoprotegerin (OPG) dianggap berpengaruh terhadap proses arterial stiffness dan menggambarkan keadaan disfungsi dari endotel. Tujuan: Membuktikan adanya korelasi positif antara kadar OPG serum dengan arterial siffness yang dinilai menggunakan Cardio-Ankle Vascular Index (CAVI) pada penderita hipertensi. Metode: Jenis dan desain penelitian ini menggunakan metode correlational dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Ada 30 subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini dimana masing – masing subjek penelitian akan menjalani pemeriksaan arterial stiffness menggunakan CAVI dan juga diambil sampel darah untuk pemeriksaan OPG. Korelasi antara OPG dengan arterial siffness yang dinilai menggunakan CAVI dievaluasi menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil: Rerata kadar osteoprotegerin pada penelitian ini adalah 5.52 ± 1.5 pmol/L. Terdapat korelasi positif yang kuat dan bermakna antara kadar OPG serum dengan arterial siffness yang dinilai menggunakan Cardio-Ankle Vascular Index (CAVI) pada penderita hipertensi. (r = 0.730 dan p <0,0001). Kesimpulan: Didapatkan korelasi positif yang sedang dan bermakna antara kadar OPG serum dengan arterial siffness yang dinilai menggunakan Cardio-Ankle Vascular Index (CAVI) pada penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS JP 14-16 Ari k
Uncontrolled Keywords: Arterial stiffness, osteoprotegerin, Cardio-ankle vascular index , Hipertensi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
Amelia Arindanie, NIM011081302NIM011081302
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJ Nugroho Eko P, Dr. , dr. Sp.JP(K) FIHAUNSPECIFIED
Thesis advisorDjoko Soemantri, Prof. Dr. , dr.Sp.JP(K) FIHAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 03 Apr 2017 21:14
Last Modified: 03 Apr 2017 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item