RANCANGAN MODEL MANAJEMEN PERSEDIAAN OBAT KATEGORI AV DENGAN ANALISIS ABC (PARETO) DAN KLASIFIKASI VEN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA

MEI ANJAR KUSSUMA, 041414353040 (2017) RANCANGAN MODEL MANAJEMEN PERSEDIAAN OBAT KATEGORI AV DENGAN ANALISIS ABC (PARETO) DAN KLASIFIKASI VEN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TESIS MEI ANJAR-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengelolaan persediaan obat di rumah sakit terkait dengan fungsi manajemen logistik obat. Ketersediaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena bila sampai terjadi kekurangan atau kelebihan jumlah obat dapat menimbulkan kerugian pada rumah sakit. Instalasi Farmasi RS Bedah Surabaya belum mempunyai sistem pengendalian persediaan obat. Untuk perencanaan pembelian masih dilakukan secara manual berdasarkan historis pemakaian obat selama tiga bulan terakhir dan dilakukan dengan pengecekan secara manual obat mana saja yang akan atau sudah habis. Dalam penelitian ini akan disusun suatu rancangan pengendalian persediaan untuk obat kategori AV (A Pareto dan V untuk obat vital) dengan analisis ABC dan klasifikasi VEN. Didapatkan lima obat yang masuk dalam kategori AV yaitu ; Vascon Inj, Perdipine inj, Plasbumin, Albuminaar, dan Octalbin. Kemudian dari lima obat tersebut dilakukan uji statistik dengan metode Kosmogorov Smirnov untuk melihat karakteristik permintaan obat untuk membuat kebijakan pengendalian obat berdasarkan karakteristik obat tersebut. Dari hasil uji statistik diketahui lima obat yang termasuk dalam kategori AV mempunyai karakteristik non normal distribution. Kebijakan pengendaliaan persediaan yang sesuai untuk karakter obat ini adalah dynamic lot sizing. Selanjutnya akan diberikan contoh penghitungan ROP dan jumlah pemesanan maksimal untuk kelima obat tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 68/16 Kus r
Uncontrolled Keywords: ABC, VEN, kebijakan pengendalian persediaan obat ROP (reorder point), Q (jumlah pemesanan)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MEI ANJAR KUSSUMA, 041414353040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr. ,S.E.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2017 22:53
Last Modified: 03 Sep 2017 18:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item