STUDI KORELASI ANTARA TINGKAT SELF ESTEEM DENGAN KECENDERUNGAN FRUSTRASI DALAM· BIDANG AKADEMIS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN TAHUN 1991 -1993

NURHATIKA KURNIAWATI, 78912176 (1993) STUDI KORELASI ANTARA TINGKAT SELF ESTEEM DENGAN KECENDERUNGAN FRUSTRASI DALAM· BIDANG AKADEMIS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN TAHUN 1991 -1993. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK Psi 1.94 Win p-min.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Nurhatika sebagai peneliti skripsi yang berjudul 'Studi Korelasi Antara Tingkat ~Esteem dengan Kecenderungan Frustrasi Dalam Bidang Akademis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Angkatan 1991-1993'. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar dan arah korelasi yang signifikan antara tingkat ~ esteem dengan kecenderungan frustrasi dalam bidang akademis dengan populasi dalam penelitian Inl adalah mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan angkatan tahun 1991-1993. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang pembuatannya didasarkan pada modifikasi skala Likert. Jumlah sampel yang dianalisis 107 orang, yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada seluruh unit populasi yang berjumlah 111. Karena peneliti dapat menjangkau seluruh populasi maka dalam penelitian Inl tidak menggunakan tehnik sampling. Analisis data untuk mengUJl hipotesis menggunakan tehnik korelasi momen tangkar dari Karl Pearson. Tehnik ini digunakan k~rena peneliti ingin mengetahui ' Apakah adanya korelasi yang negatif signifikan antara tingkat ~esteem dengan kecenderungan frustrasi dalam bidang akademis pada mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan tahun 1991-1993. Analisis Inl dilakukan dengan bantuan komputer, dengan menggunakan seri program-program statistik SPS dari Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyanto edisi tahun 1994. Dari hasil perhitungan diperoleh rXy sebesar -0,596 dengan p=O,OOO. (tanda (-) menunjukkan arah korelasi yang negatif, artinya kenaikan variabel X diikuti oleh penurunan variabel y. Dan penurunan variabel X diikuti oleh kenaikan variabel Y ). Dengan membandingkan nilai p=O,OOO dengan KUHP Alternatif, diketahui bahwa ada korelasi negatif antara tingkat ~esteem dengan kecenderungan frustrasi pada mahasiswa fakultas Psikologi universitas Airlangga angkatan tahun 1991-1993 adalah sangat signifikan, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Hk diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 94 Kur s
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
NURHATIKA KURNIAWATI, 78912176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJANGKUNG KARYANTORO, Drs., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2017 23:25
Last Modified: 03 Sep 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item