PEMODELAN RISIKO KEJADIAN MALNUTRISI PADA PASIEN ANAK PENDERITA PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT DENGAN PENDEKATAN MULTIVARIATE ADDAPTIVE REGRESSION SPLINE (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya)

INTAN PRATIWI UTAMI, 081211833002 (2016) PEMODELAN RISIKO KEJADIAN MALNUTRISI PADA PASIEN ANAK PENDERITA PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT DENGAN PENDEKATAN MULTIVARIATE ADDAPTIVE REGRESSION SPLINE (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK ST.S 54 -16 Uta p-Abstrak.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S 54 -16 Uta p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa anak-anak merupakan fase dimana membutuhkan tumbuh kembang dan perhatian dengan baik. Namun kesehatan pada masa anak-anak akan rentan terkena penyakit, virus dan infeksi apabila tidak didukung dengan lingkungan dan asupan makanan. Penyakit penyerta yang sering terjadi adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Malnutrisi adalah keadaan dimana tubuh tidak mendapat asupan gizi yang cukup, malnutrisi dapat juga disebut keadaan yang disebabkan oleh ketidak seimbangan di antara pengambilan makanan dengan kebutuhan gizi untuk mempertahankan kesehatan. Berbagai penelitian tentang malnutrisi rumah sakit telah banyak dilakukan dengan menggunakan metode kohort retrospektif. Tujuan skripsi ini yaitu untuk menganalisis dan menginterpretasikan dari model berdasarkan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap risiko kejadian malnutrisi pada pasien anak penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS). Penelitian ini menggunakan 38 data tidak malnutrisi dan 22 data malnutrisi dengan variabel prediktor sebanyak 6 variabel. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap risiko kejadian malnutrisi pada pasien anak penderita ISPA di RSU Haji Surabaya pada tahun 2015- Mei 2016 antara lain jenis kelamin, lama perawatan, usia, Indeks Massa Tubuh (IMT), kelas perawatan, jenis pasien. Model terbaik yang didapatkan pada kombinasi BF=12, MI=3, dan MO=1 dengan nilai GCV minimum 0,225 dan R square sebesar 97,06%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 54-16 Uta p
Uncontrolled Keywords: Multivariate Addaptive Regression Spline (MARS), Malnutrition, Re gression Spline, Clasification of MARS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsEmail
INTAN PRATIWI UTAMI, 081211833002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArdi Kurniawan, Dr., M.SiUNSPECIFIED
ContributorNur Chamidah, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Apr 2017 23:45
Last Modified: 04 Apr 2017 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item