Faktor Penyebab Terlambat Pindah (Delayed Discharged) Pasien Pasca Operasi Elektif Di Ruang Pulih Sadar Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr. Soetomo

Erni Nur Deliati, dr. (2016) Faktor Penyebab Terlambat Pindah (Delayed Discharged) Pasien Pasca Operasi Elektif Di Ruang Pulih Sadar Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr. Soetomo. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PPDS. AR. 26-16 Del f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pemulihan dari anestesi umum atau analgesia regional secara rutin dikelola di ruang pulih sadar (Recovery Room) atau disebut juga Post Anesthesia Care Unit (PACU). Lamanya masa pulih sadar berbeda-beda pada setiap penderita,tergantung pada berbagai keadaan antara lain : riwayat penderita sebelum operasi, teknik anestesi dan pembedahan, lamanya anestesi dan pembedahan serta perdarahan dan cairan pengganti selama pembedahan. Pengunaan sistem kriteria pindah modified aldrete score dan bromage score akan diketahui lama tinggal (length of stay) pasien di ruang pulih sadar. Terlambat pindah (Delayed discharged) akan terjadi apabila terdapat faktor penyebab pada saat akan dipindahkan dari ruang pulih sadar. Terlambat pindah akan menyebabkan penambahan biaya perawatan di ruang pulih sadar, mengakibatkan kecemasan dan menurunkan tingkat kepuasan pasien dan keluarga terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan: mengetahui dan menganalisa faktor yang mempengaruhi pencapaian nilai kriteria pindah modified aldrete score dan bromage score dan faktor penyebab terlambat pindah pasien setelah operasi elektif di ruang pulih sadar GBPT RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Data diperoleh dari sampel penderita pasca operasi elektif yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi selama bulan juni 2016 yang dilakukan obsevasi di ruang pulih sadar. Dari sampel tersebut dicari faktor yang mempengaruhi pencapaian nilai kriteria pindah modified aldrete score dan bromage score, lama tinggal dan faktor penyebab terlambat pindah. Hasil: Besar sampel yang didapatkan sebanyak 458 reponden. Didapatkan bahwa antar kelompok umur dan lama anestesi tidak mempengaruhi pencapaian nilai kriteria pindah modified aldrete score, sedangkan PS ASA, lama operasi, jumlah perdarahan dan cairan durante operasi, Teknik anestesi dan pembedahan mempengaruhi pencapaian nilai tersebut. Pencapaian nilai kriteria pindah bromage score tidak dipengaruhi oleh umur dan PS ASA, tetapi dipengaruhi oleh lama anestesi dan operasi, jumlah perdarahan dan cairan selama operasi, serta teknik anestesi dan pembedahan. Rata-rata pencapaian lama tinggal penderita berdasarkan kriteria pindah modified aldrete score adalah 71,3 (24,7) menit dan bromage score adalah 70,6 (23,8) menit dan lama observasi di ruang pulih sadar adalah 125,6 menit. Responden yang mengalami terlambat pindah adalah 197 (43%) sedangkan yang tidak mengalami terlambat pindah adalah 261 (57%). Sebanyak 88,3% penyebab terlambat pindah adalah perawat ruangan penjemput belum datang menjemput pasien. Kesimpulan:. Meskipun tidak ada literatur yang menyebutkan lama tinggal ideal atau minimum di ruang pulih sadar, akan tetapi hal tersebut akan lebih baik diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam mengatur penderita di tempat tersebut. Lama tinggal setiap pasien bervariasi dan bergantung atas beberapa faktor. Penderita harus dilakukan evaluasi dengan pemeriksaan fisik oleh dokter anestesi sebelum diputuskan memenuhi syarat pindah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS AR 26-16 Del f
Uncontrolled Keywords: Ruang pulih sadar, lama tinggal, modified aldrete score, bromage score, terlambat pindah.
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Erni Nur Deliati, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPuger Rahardjo, dr. SpAn. KIC. KAKVUNSPECIFIED
ContributorArie Utariani, DR. , dr. SpAn. KAPUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 05 Apr 2017 20:49
Last Modified: 05 Apr 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56039
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item