IMPLEMENTASI QR CODE DAN DIGITAL SIGNATURE UNTUK MENENTUKAN KEABSAHAN DOKUMEN KRS DAN KHS (STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA)

FATICH FAZLUR ROCHMAN, 081211632013 (2016) IMPLEMENTASI QR CODE DAN DIGITAL SIGNATURE UNTUK MENENTUKAN KEABSAHAN DOKUMEN KRS DAN KHS (STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC_KK_ST_SI_33_-16_Roc_i-Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC_KK_ST_SI_33_-16_Roc_i.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah keabsahan data dokumen Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Hasil Studi (KHS) pernah dialami Universitas Airlangga meski telah melakukan penerapan teknologi terkomputerisasi untuk proses yang melibatkan KRS atau KHS. Mahasiswa mengalami kesulitan untuk melakukan verifikasi data pada KRS dan KHS jika terdapat perubahan terhadap data pada sistem. Proses verifikasi dokumen KRS dan KHS yang rumit ini dianggap wajar karena dokumen KRS maupun KHS milik mahasiswa lebih mudah dipalsukan dari pada data milik Universitas Airlangga. Berangkat dari permasalahan tersebut maka muncul sebuah gagasan untuk menerapkan teknologi Digital Signature dan QR Code sebagai solusi yang dapat membuktikan keabsahan dokumen KRS atau KHS milik Mahasiswa. Penambahan Digital Signature dan QR Code pada dokumen KRS atau KHS dilakukan dengan membangun sebuah sistem keabsahan dokumen KRS dan KHS yang berpedoman pada sistem yang dimiliki oleh Universitas Airlangga. Proses verifikasi dokumen dibagi menjadi dua jenis, yaitu verifikasi secara digital pada aplikasi web dengan membaca Digital Signature yang ditanamkan pada dokumen KRS atau KHS, dan verifikasi dokumen cetak dengan aplikasi mobile dengan melakukan pindai data yang tersimpan di dalam QR Code yang terdapat pada dokumen KRS atau KHS. Pembanguan sistem keabsahan dokumen KRS dan KHS dapat menjadi alternatif solusi sebagai penentu keabsahan dokumen KRS dan KHS Mahasiswa di Universitas Airlangga. Hal ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap pihak Universitas Airlangga dan Mahasiswa. Dimana Mahasiswa memberikan rata – rata penilaian diatas 3 dengan skala nilai 1 sampai 5. Selain itu baik pihak Universitas maupun Mahasiswa memberikan apresiasi dengan tanggapan yang diberikan. Dampak yang terjadi jika penerapan sistem dilakukan adalah adanya penambahan QR Code pada dokumen KRS dan KHS, diperlukan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Airlangga, dan diperlukan integrasi antara sistem yang dibuat dengan sistem yang sudah dipakai oleh Universitas Airlangga saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 33-16 Roc i
Uncontrolled Keywords: Study Plan Card, Study Result Card, Digital Signature, QR Code
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
T Technology > T Technology (General) > T57-57.97 Applied mathematics. Quantitative methods
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
FATICH FAZLUR ROCHMAN, 081211632013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., MT.UNSPECIFIED
Thesis advisorTaufik, S.T., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 05 Apr 2017 23:12
Last Modified: 05 Sep 2017 19:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item