PENGGUNAAN KALIMAT TRANSITIF DAN KALIMAT INTRANSITIF DALAM ESAI PADA SISWA SMA TRIMURTI SURABAYA

INANDA DWI PRATIWI, 121111074 (2016) PENGGUNAAN KALIMAT TRANSITIF DAN KALIMAT INTRANSITIF DALAM ESAI PADA SISWA SMA TRIMURTI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 109-16 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi dengan judul “penggunaan kalimat transitif dan kalimat intransitif dalam esai pada siswa SMA Trimurti Surabaya” memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat transitif dan kalimat intransitif dalam esai yang dibuat oleh siswa SMA Trimurti Surabaya. Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualittatif. Studi ini menyajikan analisis berdasarkan teks esai yang telah dibuat oleh siswa SMA Trimurti Surabaya. Metode pengumpulann data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode simak dan metode catat. Metode simak dan metode catat dilakukan secara bersamaan yaitu dengan melakukan penyimakan terhadap esai siswa serta mencatat hal-hal penting dalam esai tersebut. Metode lain yang digunakan adalah analisis data dengan tahapan pengumpulan esai dan melakukan pengklasifikasian berbentuk kartu data. Studi ini menemukan penggunaan kalimat transitif dan kalimat intransitif. Penggunaan kalimat transitif menemukan 1) kategori pola kalimat transitif, 2) kalimat ekatransitif, 3) kalimat Dwitransitif, 4) fungsi objek frasa dan 5) kalimat aktif transitif dan kalimat pasif transitif. Dan penggunaann kalimat intransitif yaitu menemukan kategori pola kalimat intransitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 109-16 Pra p
Uncontrolled Keywords: kalimat transitif,kalimat intransitif,esai.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
INANDA DWI PRATIWI, 121111074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Apr 2017 00:42
Last Modified: 06 Apr 2017 00:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item