PENGUKURAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI

ARIESTYA RETNANINGTYAS, 041224253015 (2017) PENGUKURAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
ARIESTYA_RETNANINGTYAS.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh debt covenant,litigasi, regulasi, paak, knflik kepentingan bondholders-shareholders, dan kepemilikan manajerial terhadap konservatisme. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesiaperiode 2015 yakni sebanyak 145 perusahaan. Pemilisah sampel dilakukan berdasarkan meto de purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 113 perusahaan. Teknik analisis untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur dengan software SmartPLS 3. Penelitian menggunakan 3 proksi pengukuran untuk mengukur konservatisme unconditional—cadangan tersembunyi, akrual non operasional, dan rasio nilai buku terhadap nilai pasar—dan satu ukuran konservatisme conditional yaitu asimetri pengakuan laba Basu (2997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi konservatisme unconditional dan conditional dapat membentuk pengukuran baru yang dalam penelitian ini disebut sebagai knservatisme faktorial. Penelitian menunjukkan hanya konflik kepentingan antara bondholders- shareholders yang memiliki pengaruh terhadap konservatisme

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 82/16 Ret p
Uncontrolled Keywords: konservatisme, konservatisme conditional, konservatisme unconditional, debt covenant, hutang, litigasi, pajak, konflik kepentingan bondholders-shareholders.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARIESTYA RETNANINGTYAS, 041224253015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZaenal Fanani, Dr. ,SE.,M.SA.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 21:57
Last Modified: 05 Sep 2017 20:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56111
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item