STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI REMAJA TENTANG INTERAKSI REMAJA ORANG TUA DENGAN KREATIVITAS REMAJA PADA SISWA SMA SANTUN UNTAN PONTIANAK

RETNO DAMAYANTI, 078711429 (1994) STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI REMAJA TENTANG INTERAKSI REMAJA ORANG TUA DENGAN KREATIVITAS REMAJA PADA SISWA SMA SANTUN UNTAN PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB_KK_Psi_5_94_Dam_s.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kompleksitas kehidupan dewasa ini semakin mendesak manusia ke arah kehidupan yang amat. kompetitif. Keadaan demikian menuntut remaja sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki kreativitas. Ini dilandasi oleh asumsi bahwa kreativitas itu penting untuk menjalani kehidupan yang serba kompleks ini. karena dengan bekal kreativitas itu individu mampu berpikir divergen dalam rangka mencari berbagai alternatif pemecahan masalah kehidupan yang d ihadapinya. Kreativitas bukanlah sesuatu yang semata-mata dibawa sejak lahir. melainkan dalam perkembangannya dipengaruhi oleh faktor-faktor Iingkungan yang didasari oleh potensi yang ada dalam diri individu itu sendiri. Jadi. kreativitas tidakiah terjadi dalam suatu kevakuman, melainkan merupakan resultante dari interaksi dan interdependensi antara potensi yang ada dalam diri individu dengan Iingkungannya. Salah satu faktor yang dapat mewarnai perkembangan kreativitas remaja adalah interaksinya dengan orang tua mereka. Sementara itu dalam berinteraksi dengan orang lain, khususnya dengan orang tua. persepsi remaja memegang peranan penting sehingga dalam penelitian ini interaksi dinilai dari persepsi remaja yang bersangkutan. Persepsi mengenai interaksi remaja-orang tua mengandung arti hubungan timbal balik seeara aktif antara remaj~ dengan orang tuanya, yang di dalamnya mengandung aspekaspek partisipasi dan keterlibatan dirinya dalam keluarga, keterbukaan sikap orang tua, dan kebebasan remaja untuk melakukan eksplorasi lingkungan; sejauh yang dipersepsi oleh remaja itu sendiri. Dengan demikian, masalah penelitian ini dapat dirunmskan sebagai berikut: .. Apakah terdapat hubungan antara persepsi remaja mengenai interaksi remaja-orang tua dengan kreativitas remaja?" Untuk menjawab permasalahan ini dilakukan penelitian terhadap 87 siswa SMA Santun Untan Pontianak sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan simple ra.ndom s8.mpling dari 6510 siswa sebagai populasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 5.94 Dam s
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
RETNO DAMAYANTI, 078711429UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHawaim Machrus, Drs. ,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2017 23:54
Last Modified: 05 Sep 2017 22:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56212
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item