KORELASI ANTARA PENALARAN MORAL DAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DITINJAU DARI PERSEPSI REMAJA DENGAN INTENSI PROSOSIAL

SAMSUL ARIFIN, 078912401 (1994) KORELASI ANTARA PENALARAN MORAL DAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DITINJAU DARI PERSEPSI REMAJA DENGAN INTENSI PROSOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB_KK_Psi_19_94_Ari_k.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian 1n1 dilakukan untuk menjawab tiga hipotesa, yaitu: Apakah ada korelasi positif yang signifikan antara penalaran moral dan pola asuh orang tua demokratis ditinjau dari persepsi remaja dengan intensi prososial; apakah ada korelasi positif yang signifikan antara penalaran moral dengan intensi prososial jika pola asuh orang tUa demokratis ditinjau dari persepsi remaja dikontrol; dan apakah ada korelasi positif yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis ditinjau dari persepsi remaja dengan.intensi prososial jika penalaran moral di kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas I SMA Negeri 1 Pasuruan. ,Penarikan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Dari populasi yang berju~lah 233 siswa, diambil 97 siswa untuk dijadikan sampel. Pada penelitian ini, penalaran moral dan pola asuh orang tua demokratis ditinjau dari persepsi remaja sebagai variable bebas, intensi prososial sebagai variabel tergantung variabel penalaran moral diungkap dengan kuesioner terbuka dari Kohlberg sedang variabel pola asuh orang tua demokratis dan intensi prososial diungkap dengan menggunakan kuesioner dengan modifikasi skala Likert. Pengujian hipotesa pertama, mengunakan teknik Anareg Ganda dan hipotesa kedua serta ketiga menggunakan Korelasi Parsial. Dari perhitungan, diperoleh koefisien korelasi ketiga variabel, sebesar F-reg = 10.160 dengan nilai P = 0,000 ; r(2) = 0,132 , P = 0,098 r(3) = 0,410 , P = 0,000. Dari hasil perhitungan yang dem1kian, maka ketiga hipotesa nihil dalam penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 19.94 Ari k.pdf
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
SAMSUL ARIFIN, 078912401UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCholichul Hadi, Drs. ,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 17:29
Last Modified: 05 Sep 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56231
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item