HUBUNGAN lSI STEREOTIP : HUMORISTIS, AMBISrUS, RAJIN, DAN SENANG MENERIMA TAMU DENGAN JARAK SOSIAL PADA ETNIK SUNDA TERHADAP ETNIK JAWA

BAHRUL ULUM, 078611241 (1994) HUBUNGAN lSI STEREOTIP : HUMORISTIS, AMBISrUS, RAJIN, DAN SENANG MENERIMA TAMU DENGAN JARAK SOSIAL PADA ETNIK SUNDA TERHADAP ETNIK JAWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KKB KK Psi 20.94 Ulu h.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu bag ian hidup yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia adalah keterlibatan dengan individu lainnya. Interaksi antar individu melayani banyak hal dan tujuan, diantaranya sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan. Dalam interaksi, maka persepsi atas lawan interaksi memainkan peranan penting pada jalannya interaksi. Bilamana persepsi tersebut menyenangkan, maka interaksi akan ter jal in dengan baik dan menyenangkan pihak-pihak yang terlibat, dan sebaliknya. Persepsi tersebut berupa keyakinan-keyakinan yang merupakan tolok ukur dalam evaluas.i atas obyek psikologis. Dalam hubungan antara dua atau lebih individu berlatar belakang etnik berbeda. maka keyakinan tersebut lebih berupa stereotip yang isinya sebagian besar terdiri atas sifat-sifat. Stereotip akan mempengaruhi kesiapan dan kebersedian individu untuk terlibat dan berhubungan dengan individu lain dari kelompok etnik lain. Kebersediaan untuk terlibat dan be rhubungan dengan pi hak 1 a i n me rupakan jarak sosial. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah ada hubungan antara isi stereotip dengan jarak sosial pada etnik Sunda terhadap etnik Jawa. Pada penelitian ini digunakan skala Bogardus untuk mengukur jarak sosial dan data hasil penelitian Warnaen (1979) tentang isi stereotip yang telah diuji ulang dengan rating. Warnaen memakai SES sect II darf Warnaen (1979) untuk mendapatkan data fsi stereotip tersebut. Tehnik analisa yang digunakan adalah CHI SOUARE. Penelitian ini dilakukan pada populasi siswa kelas II SMA Negeri 3 Bandung tahun ajaran 1992-1993 yang beretnik Sunda dan mempunyai ternan dari etnik Jawa dan memiliki kontak minimal 1 tahun. Populasi menjadi sampel penelitian. Has i I dar i pengo Iahan data menun j ukkan adanya hubungan yang signifikan antara isi stereotip: humoristis, ambisius, rajin dan senang menerima tamu dengan jarak sosial dengan nilai Kai Kuadrat masing-masing sebesar 166.500, 35.000, 93.333, dan 141.750 dengan skor peluang galat sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 20.94 Ulu h
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
BAHRUL ULUM, 078611241UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEdy Suhardono, Drs. MPsiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 17:32
Last Modified: 10 Apr 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item