PENGARUH KESAMAAN ORIENTASI NILAI KERJA INDIVIDU DAN ORGANISASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI ANGKATAN 1991 UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

WIDHI RACHMANTO BASUKI, 078811781 (1994) PENGARUH KESAMAAN ORIENTASI NILAI KERJA INDIVIDU DAN ORGANISASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PEKERJAAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI ANGKATAN 1991 UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KKB KK Psi 40.94 Bas p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keputusan pemilihan pekerjaan individu dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satu faktor yang diprediksikan dapat mempengaruhi keputusan pemilihan pekerjaan adalah nilai kerja individu 'yang bersangkutan, karena nilai kerja individu diketahui mempengaruhi persepsi individu tentang menarik tidaknya suatu pekerjaan baginya. Kesamaan nilai individu dan organisasi akan dipersepsi oleh individu secara positif dan karenanya dapat mempengaruhi kecenderungan individu untuk memutuskan menerima pekerjaan yang ditawarkan oleh organisasi tersebut dibanding tawaran pekerjaan dari organisasi dengan orientasi nilai kerja yang ber.beda. Penelitian ~n~ mencoba menguji seberapa jauh pengaruh kesamaan orientasi nilai kerja individu dan organisasi terhadap keputusan pemilihan pekerjaan individu. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa psikologi Angkatan 1991 Universitas Airlangga Surabaya, dengan sampel diambil secararando1l1 sa1l1pling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh, setelah dihitung validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisa regresi umum. Perhitungannya dibantu dengan perangkat lunak program statistik dari Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyanto. \ Dari hasil perhitungan analisis regresi umum didapati bahwa harga F-reg dari pilihan pekerjaan berdasar kesamaan orientasi nilai kerja Achievement. dan Fairness antara individu dan organisasi adalah berturut-turut sebesar 10.800, dan 26.169 dengan nilai p =0.001 dan 0.000 (pada p = 1 ekor). Berdasarkan KUHP alternatif nilai p tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan sangat signifikan dari kesamaan orientasi nilai-nilai kerja individu dan organisasi terhadap keputusan penilihan pekerjaan individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 40.94 Bas p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
WIDHI RACHMANTO BASUKI, 078811781UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 18:19
Last Modified: 10 Apr 2017 18:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56246
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item