ANALISIS PENGARUH INTERNAL KONSUMEN, LINGKUNGAN DAN STIMULI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN ENDEK SUTRA DI SIDEMEN DAN KLUNGKUNG BALI

IDA BAGUS ANOM SANTOSA, 049434829 (1997) ANALISIS PENGARUH INTERNAL KONSUMEN, LINGKUNGAN DAN STIMULI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN ENDEK SUTRA DI SIDEMEN DAN KLUNGKUNG BALI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK B 1179.98 San A(1997).pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang pemasaran adalah semakin banyaknya produk sejenis yang mempunyai spesifikasi yang relatif sama. Hal ini menyebabkan konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan produk dalam pengambilan keputusan pembelian kain endek sutra. Disamping itu juga akan mendorong timbulnya persaingan diantara para penjual. Sebagai akibat dari kalah bersaing dalam memasarkan produk, perusahaan tenun ikat Pelangi mengalami penurunan penjualan sebesar 25%. Untuk mengatasi masalah ini, Philip Kotler mengatakan bahwa perusahaan hendaknya melakukan pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Oleh karena itu maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memahami faktor-faktor yang mempengaruhi · keputusan konsumen pada pembelian kain endek sutra di Sidemen dan Klungkung,Bali. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen menurut Henry Assael meliputi: pribadi konsumen, lingkungan, dan strategi pemasaran perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 200 orang konsumen endek sutra. Metode penarikan sampelnya adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi dengan bantuan program SPSS untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan kuatnya hubungan antara variabel bebas (faktor-faktor) dengan variabel tergantung (pembelian endek sutra). Hasil dari analisa statistik menunjukkan bahwa semua faktor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian kain endek sutra dan dari semua faktor tersebut ternyata faktor pribadi konsumen mempunyai pengaruh yang paling dominan. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen pada pembelian endek sutra akan membantu perusahaan dalam memasarkan produk kepada konsumen. Kemudian informasi ini akan dimanfaatkan perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang telah diterapkan guna mengatasi persaingan yang terjadi sehingga penjualan kain endek sutra meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK B 1179/98 San a FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
IDA BAGUS ANOM SANTOSA, 049434829UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDWI UTAMI S, DRA.,EC.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 13 Apr 2017 01:30
Last Modified: 13 Apr 2017 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56274
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item