PEMERTAHANAN BAHASA JAWA DIALEK MATARAMAN DI MI ABDURROHMAN DESA KEMIRI KAB. GROBOGAN JAWA TENGAH: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

HAFIDZ AZHAR, 121211133062 (2016) PEMERTAHANAN BAHASA JAWA DIALEK MATARAMAN DI MI ABDURROHMAN DESA KEMIRI KAB. GROBOGAN JAWA TENGAH: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 42-16 Azh p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemertahanan Bahasa Jawa Dialek Mataraman di MI Abdurrohman Desa Kemiri Kabupaten Grobogan Jawa Tengah Kajian Sosiolinguistik” mendeskripsikan mengenai pemertahanan bahasa jawa dialek mataraman yang terjadi di lingkungan MI Abdurrohman Desa Kemiri Kabupaten Grobogan Jawa Tengah serta faktor-faktor penyebab terjadinya pemertahanan bahasa tersebut. Lazimnya banyak guru di sekolah pada umunya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran, akan tetapi yang terjadi di MI Abdurrohman proses belajar mengajar menggunakan bahasa pengantar bahasa jawa dialek mataraman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi langsung ke lapangan, tepatnya di lembaga pendidikan MI Abdurrohman Desa Kemiri Kabupaten Grobogan Jawa Tengah dengan teknik rekam dan wawancara. Analisis penelitian berfokus pada aktivitas belajar mengajar dan aktivitas di luar kelas yang didalamnya terdapat aktivitas komunikasi antara guru dengan murid baik yang berbentuk dialog ataupun tanya jawab. Komunikasi tersebut yang memegang peranan penting dalam proses pemertahanan bahasa. Subjek yang dijadikan penelitian adalah guru dan muridnya yang berkomunikasi menggunakan bahasa jawa dialek mataraman ketika berada di situasi formal di dalam kelas maupun nonformal di luar kelas. Data yang diperoleh berupa rekaman aktivitas belajar mengajar guru dengan muridnya di kelas maupun komunikasi di luar kelas. Penggunaan bahasa jawa dialek mataraman di MI Abdurrohman terjadi pada situasi formal ketika proses belajar mengajar berlangsung, pemertahanan bahasa jawa dialek mataraman juga terjadi pada situasi nonformal ketika berada di luar kelas pada situasi kebahasaan yang melibatkan guru, siswa dan tamu yang berkunjung ke MI Abdurrohman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI. 42-16 Azh p
Uncontrolled Keywords: pemertahanan bahasa, situasi formal, situasi nonformal dan bahasa jawa dialek mataraman
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
HAFIDZ AZHAR, 121211133062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. , M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Apr 2017 19:34
Last Modified: 11 Apr 2017 19:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item