KARAKTERISASI KARAGINAN DARI Kappaphycus alvarezii DENGAN PELARUT BERBEDA

HAFIZH MUHAMMAD NOOR, 141211131013 (2016) KARAKTERISASI KARAGINAN DARI Kappaphycus alvarezii DENGAN PELARUT BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 76-16 Noo k ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 76-16 Noo k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan rumput laut di Indonesia dapat dioptimalkan dengan melakukan diversifikasi produk, salah satunya ialah karaginan. Karaginan telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti formulasi obat, kosmetik, pharmaceutical, industri makanan dan industri tekstil. Kuantitas dan kualitas karaginan yang diproduksi sangat dipengaruhi oleh metode ekstraksi dan pelarut yang digunakan. Karakterisasi pada produk karaginan perlu dilakukan untuk memenuhi standar tertentu sehingga produk karaginan tersebut dapat diterima oleh konsumen baik lokal maupun internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelarut yang dapat menghasilkan karaginan dari Kappaphycus alvarezii dengan karakteristik terbaik serta membandingkan karaginan hasil ekstraksi dengan standar internasional guna memperoleh karaginan yang terstandardisasi. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari tiga perlakuan dan enam ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penggunaan pelarut yang berbeda yakni KOH 0,5 N, NaOH 0,5 N dan aquades. Analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dilanjutkan Uji Jarak Berganda Duncan serta analisis deskriptif terhadap karaginan komersial maupun standar karaginan dari FAO, FCC dan Marine Science Co., Ltd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelarut yang dapat menghasilkan kappa-karaginan dari K. alvarezii dengan karakteristik terbaik ialah larutan NaOH 0,5 N. Kappa-karaginan tersebut telah mampu memenuhi standar FAO, FCC dan Marine Science Co., Ltd. untuk parameter gel strength, viskositas, kadar sulfat dan kadar abu. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai karakterisasi karaginan mencakup uji mikrobiologi serta uji daya simpan karaginan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 76/16 Noo k
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3870-3918 Primary production. Extractive industries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
HAFIZH MUHAMMAD NOOR, 141211131013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch.Amin Alamsjah, Prof., Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 17 Apr 2017 23:10
Last Modified: 17 Apr 2017 23:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item