STUDI PENGUJIAN MIKRODIOLOGI TERHADAP AIR DAN ES DARI PERUSABAAN PEMBEKUAN IKAN DI DALAI LABORATORIUM PENGUJIAN MUTU BASIL PERIKANAN SURABAYA

RISKA AMALIA, 060210351 T (2005) STUDI PENGUJIAN MIKRODIOLOGI TERHADAP AIR DAN ES DARI PERUSABAAN PEMBEKUAN IKAN DI DALAI LABORATORIUM PENGUJIAN MUTU BASIL PERIKANAN SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH TKI 37-06 AMA S.pdf

Download (375kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari basil pembahasan pada bab IV dapat diambil suatu kesimpulan bahwa : 1.DaJam pengujian secara mikrobiologi terhadap air dan es dari perusahaan pembekuan ikan, parameter yang digunakan adalah Total Plate Count (TPC), Coliform dan E.coli. 2.Untuk menghitung TPC digunakan metode tuang (pour plate), sedangkan untuk pengujian Coliform dapat dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap. pendugaan Coliform dengan menggunakan media Lauryl Tryptose Broth (LIB) dan tahap penegasan Coliform dengan menggunakan media Brilliant Green Lactose Bile Broth 2 % (BGLB). Untuk pengujian E.coli terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pendugaan E.coli dengan menggunakan media E.coli Broth (EC), tahap penegasan E.coli dengan menggunakan media Levine's Eosin Methylene Blue (L-EMB), tahap pewarnaan gram, tahap pengujian biokimia reaksi Indol, Methyl Red Voges Proskauer, Koser's Citrat (IMVIC). 3.Kendala-kendala dalam pengujian TPC, Coliform dan Escherichia coli antara lain autoclave yang rusak, kondisi analis yang kurang sebat, masa pengujian E.coli yang lama (± 8 hari) sehingga kurang efisien, kontrol pengujian TPC yang terkontaminas~ koloni TPC yang membentuk spreader. 4.Apabila dalam pengujian TPC, Coliform dan E.coli terhadap air dan es basil yang didapat melebihi standar yang telah ditentukan maka BLPMHP akan memberi surat pemberitahuan kepada perusahaan pembekuan ikan untuk tidak melakukan kegiatan ekspor maupun kegiatan proses pengolahan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK KH TKI 37/06 Ama s
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
RISKA AMALIA, 060210351 TUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantWahju Tjahjaningsih, Ir. . M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 18 Apr 2017 02:38
Last Modified: 18 Apr 2017 02:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item