IDENTIFIKASI PENYEBAB BULLWHIP EFFECT PRODUK PT ALFIAN JAYA PADA JARINGAN DISTRIBUSI DI BALI

GAGAS GAYUH AJI, 041012113 (2015) IDENTIFIKASI PENYEBAB BULLWHIP EFFECT PRODUK PT ALFIAN JAYA PADA JARINGAN DISTRIBUSI DI BALI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-ajigagasga-38811-5.abstr-k.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-ajigagasga-38811-18full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Panjangnya mata rantai pasok berdampak pada keputusan tentang jumlah pemesanan (order quantity), kebijakan persediaan (inventory policy), dan biaya (cost). Fenomena terjadinya perubahan permintaan pelanggan akhir yang relatif stabil dari hari ke hari akan menjadi order mingguan atau dua mingguan dari perusahaan ritel sehingga pusat distribusi akan menerima order yang lebih fluktuatif dibandingkan permintaan yang dihadapi oleh perusahaan ritel. Permintaan distributor tunggal juga akan berfluktuatif yang berdampak pada cost yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam penyimpanan. Salah satu cara untuk menganalisa beberapa faktor penyebab terjadinya bullwhip effect pada sebuah perusahaan adalah dengan menganalisis factor-faktor yang menyebabkan terjadinya. Tanya jawab dengan pihak ritel sangat diperlukan dalam penehuan informasi permasalahan yang terjadi dan upaya yang akan diambil dalam rangka menyelesaian permasalahan perusahaan. Sebagaimana faktor yang dapat memicu terjadinya bullwhip effect pada supply chain, sehingga perlu dilakukan analisa seberapa jauh pengaruh terjadinya bullwhip effect dan faktor penyebab lainnya. Besarnya nilai bullwhip effect perlu diukur untuk mengetahui bullwhip effect yang dapat dilakukan dengan metode agregasi data Fransoo dan Wouters. PT Alfian Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yang sebagian besar hasil-hasil produksinya berupa sandal spon yang dijual hampir ke seluruh wilayah Jawa, Bali, Kalimantan. Beberapa jenis produknya adalah sandal Woles, Okley, Converse, Rafila dan KiddRock. Luas jangkauan area pemasaran meliputi pulau Jawa, Bali dan Kalimantan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masisng-masing memiliki nilai bullwhip effect > 1. Dengan hasil sebagai berikut: a)Besarnya nilai rata-rata bullwhip effec t ritel 1 adalah sebesar 1,06 untuk tahun 2013 dan 1,138 di tahun 2014.b) Nilai rata-rata Bullwhip Effect ritel 2 pada tahun 2013 dari tabel diatas adalah 1,06 sedangkan untuk nilai rata-rata Bullwhip Effect di tahun 2014 adalah sebesar 1,102. c) Nilai rata-rata Bullwhip Effect ritel 3 pada tahun 2013 dari tabel diatas adalah 1,074 sedangkan untuk nilai rata-rata Bullwhip Effect di tahun 2014 adalah sebesar 1,092. d) Nilai rata-rata Bullwhip Effect ritel 4 pada tahun 2013 dari tabel diatas adalah 1,156 sedangkan untuk nilai rata-rata Bullwhip Effect di tahun 2014 adalah sebesar 1,356. e) Nilai rata-rata Bullwhip Effect ritel 5 pada tahun 2013 dari tabel diatas adalah 1,244 sedangkan untuk nilai rata-rata Bullwhip Effect di tahun 2014 adalah sebesar 1,212. f) Rata-rata Bullwhip Effect pada tahun 2013 tertinggi dimiliki oleh ritel 5 sebesar 1,213 sedangkan Bullwhip Effect tertinggi pada tahun 2014 adalah sebesar 1.356 dimiliki oleh ritel 4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 235/15 Aji i
Uncontrolled Keywords: INVENTORIES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GAGAS GAYUH AJI, 041012113UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAmak M. Yaqoub, SE., MSMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 06 Nov 2015 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item