PENGARUH UMUR TERHADAP JUMLAH FOLIKEL DAN KORPUS LUTEUM PADA OVARIUM KAMBING KACANG (Capra domestica) (STUDI KASUS DI RUMAH POTONG HEWAN KOTA SURABAYA)

NIMROT EBEN EZER HASIBUAN, 069712372 (2003) PENGARUH UMUR TERHADAP JUMLAH FOLIKEL DAN KORPUS LUTEUM PADA OVARIUM KAMBING KACANG (Capra domestica) (STUDI KASUS DI RUMAH POTONG HEWAN KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 51-04 HAS P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh umur terhadap jumlah folikel dan korpus luteum pada ovarium kambing kacang (Capra domestica), studi kasus di Rumah Potong Hewan Kota Surabaya. Sebanyak 45 pasang ovarium kambing kacang (Capra domestica) dari hewan betina tidak bunting, diambil secara insidental dan acak dengan memperhatikan faktor umur. Faktor umur dikelompokkan dalam tiga tingkatan yakni kelompok I berumur 1-2 tahun, kelompok II berumur 2-3 tahun, kelompok III berumur lebih dari 3 tahun. Semuanya secara anatomis tidak ada kelainan. Sampel berupa ovarium diambil pada pagi hari di Rumah Potong Hewan Kota Surabaya, kemudian dibawa ke Laboratorium Inseminasi Buatan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya untuk: dilakukan pemeriksaan selanjutnya. Pemeriksaan meliputi penghitungan jumlah semua folikel yang tampak pada permukaan ovarium kanan maupun kiri, dan begitu juga dengan korpus luteurnnya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis varian (Anova), bila terdapat perbedaan yang bermakna dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf signifikasi 5 % untuk mengetahui sejauh mana pengaruh umur terhadap jumlah folikel dan korpus luteum pada ovarium kanan dan ovarium kiri kambing kacang (Capra domestica) antara kelompok umur yang berbeda, serta menggunakan uji "t" untuk: mengetahui sejauh mana perbedaan umur terhadap jumlah folikel dan korpus luteum pada ovarium kanan dan ovarium kiri kambing kacang (Capra domestica) dalam satu kelompok umur yang sarna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata (P>O,05) antara jumlah folikel dan korpus luteum pada ovarium kanan dan ovarium kiri kambing kacang (Capra domestica) dalam satu kelompok umur yang sarna. Namun, antara kelompok umur yang berbeda jumlah korpus luteum pada ovarium kanan kambing kacang (Capra domestica) menunjukkan perbedaan yang nyata (P<O,05) sedangkan jumlah korpus luteum pada ovarium kiri dan jumlah folikel pada ovarium kanan dan ovarium kiri kambing kacang (Capra domestica) antara kelompok umur yang berbeda menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata (P>O,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 51/04 Nim p
Uncontrolled Keywords: GOAT
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
NIMROT EBEN EZER HASIBUAN, 069712372UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoehartojo H., Prof Dr.., M.Sc., drhUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Apr 2017 19:08
Last Modified: 18 Apr 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56594
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item