PENGARUH PEMBELAJARAN MUSIK DENGAN INSTRUMEN KEYBOARD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DOWN SYNDROME DENGAN VARIABEL MEDIATOR KEMAMPUAN MENGOLAH PENDENGARAN

MARY PHILIA ELISABETH, 091071205 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MUSIK DENGAN INSTRUMEN KEYBOARD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DOWN SYNDROME DENGAN VARIABEL MEDIATOR KEMAMPUAN MENGOLAH PENDENGARAN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
MARY_PHILIA_ELISABETH-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan komunikasi adalah salah satu aspek yang dikeluhkan oleh guru maupun orangtua yang berinteraksi dengan anak Down syndrome. Anak Down syndrome terbiasa menggunakan isyarat tubuh dan ekspresi emosi untuk menunjukkan apa yang dibutuhkan atau dirasakannya. Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh pembelajaran musik terhadap kemampuan komunikasi anak Down syndrome melalui stimulasi kemampuan mengolah pendengaran. Variabel bebas penelitian ini adalah pembelajaran musik, dimana semua Subjek diberi pembelajaran, dibandingkan kondisi antara sebelum, selama, dan setelah mengikuti pembelajaran musik. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi, yang diukur melalui observasi frekuensi perilaku tampak di rumah maupun di sekolah. Variabel mediator penelitian ini adalah kemampuan mengolah pendengaran, yang diukur melalui observasi frekuensi perilaku tampak di rumah maupun di sekolah. Variabel sekunder penelitian ini dikendalikan menggunakan teknik konstansi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik, Wilcoxon Signed Ranks Test, uji model menggunakan VPLS, dan analisis induktif untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi dipengaruhi oleh stimulasi kemampuan mengolah pendengaran melalui program pembelajaran musik yang terstruktur dan intensif; 2) karakter dan lingkungan komunikasi berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan komunikasi; 3) ada perbedaan bermakna antara kemampuan berkomunikasi pada kondisi awal dan perlakuan. Saran bagi penelitian selanjutnya: penelitian tentang pengaruh kemampuan integrasi visual motorik dan kemampuan regulasi emosi terhadap kemampuan komunikasi anak Down syndrome. Bagi orangtua dan sekolah disarankan untuk memanfaatkan program pembelajaran musik yang telah berjalan sebagai sarana untuk melatih kemampuan komunikasi anak melalui interaksi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK Dis.Psi 01/16 Eli P
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi, Anak Down syndrome, Kemampuan mengolah pendengaran, Pembelajaran musik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MARY PHILIA ELISABETH, 091071205UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMareyke Maritje Wagey Tairas, Prof. Dr. , MA.,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2017 21:44
Last Modified: 29 Jan 2018 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item