PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI SOSIAL SISWA CERDAS ISTIMEWA

Rini Sugiarti, 111217127313 (2017) PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI SOSIAL SISWA CERDAS ISTIMEWA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
DISERTASI_1-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu tugas perkembangan individu yang tersulit dan harus dikuasai untuk mencapai tujuan dari pola sosialisasi dewasa yakni berperilaku efektif di berbagai situasi sosial, yang dikenal sebagai kompetensi sosial. Tujuan umum penelitian ini adalah menguji model pengembangan kompetensi sosial siswa cerdas istimewa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model pengembangan kompetensi sosial siswa cerdas istimewa, sesuai dengan data empiriknya. Data penelitian dikumpulkan secara langsung di lokasi-lokasi penelitian yakni di 5 sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa cerdas istimewa sejumlah 300 orang. Sampel sebanyak 290 orang, dengan rentang usia antara 12 – 14 tahun, yang merupakan bagian dari masa remaja awal. Pengumpulan data sebagai teknik pengukuran variabel dalam penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil uji SEM yang diperoleh menunjukkan bahwa model teoretik kompetensi sosial siswa cerdas istimewa yang terdiri atas pengasuhan orangtua, dukungan guru, dan dukungan teman sebaya dan konsep diri berkontribusi terhadap kompetensi sosial siswa cerdas istimewa, didukung oleh data empirik. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa kompetensi sosial siswa cerdas istimewa, terutama dikaji melalui pengaruh dinamika konsep diri sebagai anteseden internal siswa cerdas istimewa. Berdasarkan temuan tersebut, konsep diri diketahui anteseden yang kuat dan signifikan sebagai perantara nyata pengaruh pengasuhan orangtua, dukungan guru dan dukungan teman sebaya terhadap kompetensi sosial siswa cerdas istimewa.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK Dis.Psi 02/16 Sug p
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Siswa Cerdas Istimewa, Pengasuhan Orangtua, Dukungan Guru, Dukungan Teman Sebaya, Konsep Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Rini Sugiarti, 111217127313UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFendy Suhariadi, Prof. Dr. , MTUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2017 21:50
Last Modified: 29 Jan 2018 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item