SISTEM INFORMASI LAYANAN HOTEL RAMAYANA GENTENG - BANYUWANGI

ANISAH MUTIARA ZAHRA’ HANIFAH, 081310113021 (2016) SISTEM INFORMASI LAYANAN HOTEL RAMAYANA GENTENG - BANYUWANGI. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. SI 18-16 Han s.-Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. SI 18-16 Han s..pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel Ramayana merupakan hotel melati 1 yang berada di Kecamatan Genteng-banyuwangi yang menawarkan usaha jasa penginapan hotel. Permasalahan yang dialami oleh Hotel Ramayana adalah belum efektifnya proses pemesanan, check-in, check-out, dan pembuatan laporan. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Layanan Hotel Ramayana Genteng Banyuwangi yang mencakup lima proses, meliputi proses pemesanan, proses Check-In, proses Check-Out, dan proses Generate Laporan. Sistem Informasi Layanan Hotel Ramayana Genteng Banyuwangi dibangun melalui empat tahapan. Tahap pertama adalah mengidentifikasi proses saat ini yang dijelaskan pada diagram docflow kemudian merumuskan permasalahan yang terjadi yang digambarkan dengan diagram fishbone sehingga dapat menganalisa kebutuhan yang berkaitan dengan proses-proses tersebut untuk mendesain sistem dan database. Tahap kedua adalah mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) yang terdiri dari 12 entitas, kemudian di-generate ke Physical Data Model (PDM) yang terdiri dari 13 tabel. Sedangkan desain proses digambarkan dengan hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD) menghasilkan lima proses besar. Tahap ketiga adalah mendesain form input dan output. Tahap terakhir adalah mengimplementasikan desain input dan output sistem yang telah didesain ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web kemudian melakukan uji coba sistem dimulai dari proses login, proses pengelolaan data master, proses pemesanan, proses Check-In, proses Check-Out, proses pembatalan pemesanan, proses pengelolaan data kamar, dan proses Generate Laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Layanan Hotel Ramayana Genteng Banyuwangi yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis Hotel Ramayana Genteng Banyuwangi yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara efisien dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 18-16 Han s
Uncontrolled Keywords: Information Systems, Hotel Services, booking, check-in, check-out
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ANISAH MUTIARA ZAHRA’ HANIFAH, 081310113021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si, M.TUNSPECIFIED
ContributorTaufik, S.T, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Apr 2017 16:49
Last Modified: 19 Apr 2017 16:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56660
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item