SISTEM INFORMASI PELAYANAN RAWAT JALAN KLINIK HEALTHY SURABAYA

HERDY FIRMANSYAH, 081310113050 (2016) SISTEM INFORMASI PELAYANAN RAWAT JALAN KLINIK HEALTHY SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. SI 24-16 Fir s.- Abstrak.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. SI 24-16 Fir s..pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klinik Healthy Surabaya merupakan salah satu klinik yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Surabaya khususnya daerah Ngagel. Permasalahan yang dialami oleh Klinik Healthy Surabaya adalah belum efektifnya pelayanan rawat jalan baik dalam hal administrasi dan pelayanan kesehatannya. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Pelayanan Rawat Jalan yang mencakup 5 proses, meliputi proses pendaftaran pasien, proses pemeriksaan medis, proses pembayaran, proses pengolahan data master, proses pembuatan laporan pendaftaran, pemeriksaan medis dan pembayaran pemeriksaan. Sistem Informasi Pelayanan Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dibangun melalui empat tahapan. Tahap pertama adalah mengidentifikasi proses atau prosedur yang berlaku saat ini yang dijelaskan pada diagram docflow kemudian merumuskan permasalahan yang terjadi yang digambarkan dengan diagram fishbone sehingga dapat menganalisa kebutuhan yang berkaitan dengan prosesproses tersebut untuk mendesain sistem dan database akan dibuat. Tahap kedua adalah mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) yang kemudian di-generate ke Physical Data Model (PDM) yang terdiri dari 16 tabel. Sedangkan desain proses digambarkan dengan hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD). Tahap ketiga adalah mendesain form input dan output. Proses terakhir yaitu mengimplementasikan desain input dan output sistem yang telah didesain ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem dimulai dari proses registrasi pasien, proses pemeriksaan medis, proses pembayaran pemeriksaan medis, dan proses pembuatan laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pelayanan Rawat Jalan Klinik Healthy yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional untuk kebutuhan pelayanan rawat jalan klinik Healthy Surabaya yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 24-16 Fir s
Uncontrolled Keywords: Information systems, Outpatient, services.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
HERDY FIRMANSYAH, 081310113050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman, S.Kom., M.CsUNSPECIFIED
ContributorFaried Effendy, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Apr 2017 17:23
Last Modified: 19 Apr 2017 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item