SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERMINTAAN MATERIAL KONSTRUKSI PROYEK KALISOGO-WARU GAS DISTRIBUTION PIPELINE PADA KANTOR PROYEK PT. JFE ENGINEERING CORPORATION INDONESIA

NANDA SUBA MERISKA PUTRI, 081310113008 (2016) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERMINTAAN MATERIAL KONSTRUKSI PROYEK KALISOGO-WARU GAS DISTRIBUTION PIPELINE PADA KANTOR PROYEK PT. JFE ENGINEERING CORPORATION INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. SI 26-16 Put s.-Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman depan)
KKC KK FV. SI 26-16 Put s.-1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. SI 26-16 Put s.-2-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. JFE Engineering Corporation Indonesia adalah perusahaan terkemuka yang bergerak dibidang rekayasa teknik, pengadaan dan konstruksi yang mampu melaksanakan proyek besar di Indonesia. Permasalahan yang dialami oleh PT. JFE Engineering Corporation Indonesia berada pada kantor proyek dimana belum efektifnya proses permintaan material konstruksi proyek ke kantor pusat. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Pengelolaan Permintaan Material Konstruksi Proyek Kalisogo-Waru Gas Distribution Pipeline Pada Kantor Proyek PT. JFE Engineering Corporation Indonesia yang mencakup 9 proses, meliputi proses permintaan material konstruksi proyek, proses persyaratan dokumen vendor, proses list persyaratan dokumen vendor, proses persyaratan inspeksi, proses proforma daftar kemasan, proses daftar penyimpangan, proses dokumen pengiriman, proses dokumen terlampir, proses generate laporan. Sistem Informasi Pengelolaan Permintaan Material Konstruksi Proyek Kalisogo- Waru Gas Distribution Pipeline Pada Kantor Proyek PT. JFE Engineering Corporation Indonesia dibangun melalui empat tahapan. Tahap pertama adalah mengidentifikasi proses saat ini yang dijelaskan pada diagram docflow kemudian merumuskan permasalahan yang terjadi yang digambarkan dengan diagram fishbone sehingga dapat menganalisa kebutuhan yang berkaitan dengan proses-proses tersebut untuk mendesain sistem dan database. Tahap kedua adalah mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) yang terdiri dari 23 entitas, kemudian di-generate ke Physical Data Model (PDM) yang terdiri dari 24 tabel. Sedangkan desain proses digambarkan dengan hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD) menghasilkan lima proses besar. Tahap ketiga adalah mendesain form input dan output. Tahap terakhir adalah mengimplementasikan desain input dan output sistem yang telah didesain ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web kemudian melakukan uji coba sistem dimulai dari proses login, proses pengelolaan data master, proses pemesanan, proses Check-In, proses Check-Out, proses pembatalan pemesanan, proses pengelolaan data kamar, dan proses Generate Laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pengelolaan Permintaan Material Konstruksi Proyek Kalisogo-Waru Gas Distribution Pipeline Pada Kantor Proyek PT. JFE Engineering Corporation Indonesia yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis PT. JFE Engineering Corporation Indonesia yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara efisien dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 26-16 Put s
Uncontrolled Keywords: Information System, Construction Material Request, JFEEI
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
NANDA SUBA MERISKA PUTRI, 081310113008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRini Semiati, Dra., M.SiUNSPECIFIED
ContributorArmy Justitia, S.Kom, M.komUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Apr 2017 17:56
Last Modified: 10 Aug 2017 20:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56673
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item