PENGARUH PEMBERIAN LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI ENERGI DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy)

ATAINA THAIIN, 141211132128 (2016) PENGARUH PEMBERIAN LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI ENERGI DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK PK BP 59-16 Tha p - Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 59-16 Tha p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan gurami merupakan salah satu ikan bernilai ekonomis tinggi. Pertumbuhan ikan gurami termasuk lambat untuk mencapai berat rata-rata 250 gram/ekor pada gurami jantan dan 200 gram/ekor pada gurami betina diperlukan waktu 10-12 bulan. Proses pemeliharaan ikan gurami yang lama menyebabkan kebutuhan ikan gurami akan pakan semakin tinggi. Salah satu cara yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan gurami sehingga dapat mempersingkat masa pemeliharaan adalah dengan penambahan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga harus ditambahkan dari pakan. Lisin merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan gurami. Penambahan lisin pada pakan komersial diharapkan dapat meningkatkan retensi energi dan menurunkan rasio konversi pakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan lisin pada pakan berpengaruh terhadap retensi enrgi dan rasio konversi pakan ikan gurami (Osphronemus gouramy). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Mei di Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap. terdiri atas lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan Lisin 0%, 1%, 1,5%, 2% dan 2,5% pada pakan. Analisis data yang digunakan adalah statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa retensi energi antar perlakuan berbeda nyata dan rasio konversi pakan tidak berbeda nyata. Hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan Lisin pada pakan memberikan peningkatan terhadap retensi energi dan tidak memberikan pengaruh terhadap rasio konversi pakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 59-16 Tha p
Uncontrolled Keywords: Feed Convertion Ratio Gouramy
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ATAINA THAIIN, 141211132128UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir., M.KesUNSPECIFIED
ContributorM. Anam Al Arief, Dr., drh. M.P..UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Apr 2017 21:50
Last Modified: 19 Apr 2017 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item