ONLINE DISPLAY ADVERTISING (DISPLAY ADS) PADA WEB PAGES:PENGARUH ANIMASI DAN FORMAT IKLAN TERHADAP PERCEIVED OF IRRITATION DAN DAMPAKNYA TERHADAP AD RECALL PENGUNJUNG WEB (WEB VISITOR)

NADIA FARAH RAMADHANI, 041112011 (2015) ONLINE DISPLAY ADVERTISING (DISPLAY ADS) PADA WEB PAGES:PENGARUH ANIMASI DAN FORMAT IKLAN TERHADAP PERCEIVED OF IRRITATION DAN DAMPAKNYA TERHADAP AD RECALL PENGUNJUNG WEB (WEB VISITOR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-ramadhanin-38850-5.abstr-i.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagian besar masyarakat saat ini menggunakan media online khususnya website sebagai konsumsi pokok dalam mencari maupun bertukar informasi. Hal ini menjadi peluang yang besar bagi para pemasar dalam berkompetisi untuk mempromosikan merek dan produknya ke masyarakat dengan memasang iklan produk di dalam sebuah situs website maupun blog (online display ad). Desain online display ad pun menjadi pertimbangan para pengiklan salah satunya pemilihan format yang tepat dengan penambahan animasi guna menciptakan kemudahan para pengunjung website (webs visitors) untuk mengingat kembali atribut online display ad hingga ke produk yang diiklankan tersebut (ad recall). Namun, tak jarang juga para web visitors merasa terganggu dengan kemunculan iklan yang terkesan distracting karena format dan animasi yang berlebihan sehingga fokus mereka terpecah ketika sedang beraktivitas di situs website yang mereka kunjungi. Penelitian ini memiliki desain faktorial eksperimental 2 (format Pop-Up vs format Banner) x 2 (Animasi vs Statis) dengan metode between subject, dimana penentuan kedua format tersebut berdasarkan hasil pre-eliminary test. Data diperoleh dari 200 mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yang mengisi kuesioner secara online. Selanjutnya, hasil tanggapan masing-masing partisipan direkap dan ditabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada perceived of irritation (persepsi akan rasa terganggu) berdasarkan format online display ad, dimana perceived of irritation pada format Pop-Up lebih tinggi daripada format Banner. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada perceived of irritation (persepsi akan rasa terganggu) berdasarkan animasi online display ad, dimana perceived of irritation pada online display ad yang beranimasi akan lebih tinggi daripada online display ad yang statis (tidak beranimasi). (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara format dan animasi. (4) Perceived of irritation (persepsi akan rasa terganggu) berpengaruh terhadap Ad Recall (kemampuan mengingat kembali akan unsur-unsur iklan yang sudah ditampilkan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 244/15 Ram o
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NADIA FARAH RAMADHANI, 041112011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item