PEMANFAATAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL), HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) DAN KOLESTEROL KEPITING BAKAU (Scylla serrata)

MASHITA VIVI MAHARGYANI, 1211132024 (2016) PEMANFAATAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL), HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) DAN KOLESTEROL KEPITING BAKAU (Scylla serrata). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK PK BP 63-16 Mah p. - Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 63-16 Mah p..pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepiting bakau (Scylla serrata) merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomi tinggi. Kepiting bakau memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, sehingga mempengaruhi para konsumen untuk mengkomsumsi produk yang kurang baik bagi kesehatannya. Crude Fish Oil merupakan minyak limbah pengolahan ikan lemuru yang diperoleh dari daerah Muncar yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi. Kandungan asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam CFO dianggap dapat menurunkan kandungan LDL dan kolesterol serta meningkatkan kandungan HDL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian CFO pada pakan ikan rucah terhadap kandungan LDL, HDL dan kolesterol kepiting bakau (Scylla serrata). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Pada penelitian ini jumlah dosis CFO yang ditambahkan dalam pakan ikan rucah adalah: perlakuan A (0 %), B (2 %), C (4 %), D (6 %), E (8 %). Parameter yang diamati adalah kandungan LDL, HDL dan kolesterol pada daging kepiting bakau. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan CFO pada pakan ikan rucah selama 33 hari pemeliharaan memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan LDL, HDL dan kolesterol kepiting bakau. Kandungan LDL mengalami peningkatan mulai dosis 2 – 8 %, kandungan HDL mengalami peningkatan mulai dosis 4 - 8 % dan kandungan kolesterol mengalami penurunan pada dosis 4 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 63-16 Mah p
Uncontrolled Keywords: Crude Fish Oil, Mud Crab
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MASHITA VIVI MAHARGYANI, 1211132024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Anam Al Arif, Dr., drh. MPUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 20 Apr 2017 17:42
Last Modified: 20 Apr 2017 17:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56719
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item